Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Media LKPD dan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Brati Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012.


D.A.D Karuniasari, 41014080127 (2012) Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Media LKPD dan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Brati Grobogan Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Media LKPD dan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Brati Grobogan Tahun Pelajaran 201] Microsoft Word (Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Media LKPD dan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Brati Grobogan Tahun Pelajaran 201) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah hasil belajar pada aspek pemecahan masalah peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran problem solving melalui pendekatan konstruktivisme dengan media LKPD dan kartu masalah pada materi pokok segiempat dapat mencapai ketuntasan belajar yaitu telah memenuhi KKM sebesar 70, (2) apakah rata-rata hasil belajar pada aspek pemecahan masalah peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran problem solving melalui pendekatan konstruktivisme dengan media LKPD dan kartu masalah lebih baik bila dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar pada aspek pemecahan masalah peserta didik pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Brati Grobogan. Dalam penelitian ini sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, dengan teknik tersebut diperoleh kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Kemudian kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran problem solving melalui pendekatan konstruktivisme dengan media LKPD dan kartu masalah sedangkan kelas kontrol tanpa perlakuan khusus. Berdasarkan hasil evaluasi pada aspek pemecahan masalah diperoleh peserta didik pada kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan belajar. Hasil analisis hipotesis pertama diperoleh t_hitung=4,73 ≥1,69= t_tabel dan z_hitung=1,78 ≥1,64= z_tabel. Hasil analisis hipotesis kedua diperoleh x ̅_1 = 77,03, x ̅_2 = 72,82 dan thitung = 2,144 > ttabel = 1,669. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan dan saran bahwa hasil belajar pada aspek pemecahan masalah peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran problem solving melalui pendekatan konstruktivisme telah mencapai ketuntasan belajar, dan rata-rata hasil belajar pada aspek pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar pada aspek pemecahan masalah peserta didik kelas kontrol. Dalam kegiatan pembelajaran ada peserta didik yang kurang memahami materi segiempat karena peserta didik tersebut kurang aktif selama pembelajaran, sehingga peneliti berharap guru matematika di SMP Negeri 1 Brati Grobogan dapat memberi inovasi yang dapat membuat peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran problem solving melalui pendekatan konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Solving, Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Pemecahan Masalah, LKPD, Kartu Masalah.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 08:38
Last Modified: 05 Sep 2012 08:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15007

Actions (login required)

View Item View Item