Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbantuan CD Interaktif pada Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII.


H.D Nurjanah,, 4101408023 (2012) Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbantuan CD Interaktif pada Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbantuan CD Interaktif pada Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII.] Microsoft Word (Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Berbantuan CD Interaktif pada Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Siswa Kelas VII.) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran menggunakan model Auditory Intellectually Repetition berbantuan CD interaktif lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran ekspositori, untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan CD interaktif dapat mencapai ketuntasan belajar, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh aktivitas siswa pada pembelajaran model Auditory Intellectually Repetititon terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Pangkah tahun 2011/2012. Dengan random sampling terpilih sampel 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran AIR berbantuan CD interaktif, kelas VII H sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Data pemecahan masalah diperoleh dengan tes tertulis dan aktivitas siswa diperoleh dengan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen adalah 75,03, sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol adalah 66,17. Ketuntasan belajar siswa menunjukkan > 65. Aktivitas berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 73,93% dengan persamaan regresi . Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, siswa dapat mencapai tuntas belajar, serta aktivitas siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah. Saran dalam penelitian ini yaitu diperlukan kemampuan guru dalam mengelola kelas dan menggunakan CD Interaktif dalam pembelajaran matematika sehingga meningkatkan aktivitas belajar siswa, dalam model pembelajaran Auditory Intellectually Repetititon berbantuan CD interaktif terdapat tiga aspek yang harus diintgrasikan yaitu Auditory, Intellectually dan Repetition sehingga sekilas pembelajaran ini membutuhkan waktu yang lama, tetapi hal ini dapat diminimalisir dengan cara pembentukan kelompok pada aspek Auditory dan Intellectually.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectually Repetition, CD Interaktif, Pemecahan Masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 08:27
Last Modified: 05 Sep 2012 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15003

Actions (login required)

View Item View Item