Keefektifan Model Pembelajaran RME dengan Pemanfaatan Media Powerpoint Materi Pokok Segiempat.


Tatiek Noor Rachmawati, , 4101408021 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran RME dengan Pemanfaatan Media Powerpoint Materi Pokok Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran RME dengan Pemanfaatan Media Powerpoint Materi Pokok Segiempat. ] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran RME dengan Pemanfaatan Media Powerpoint Materi Pokok Segiempat. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Matematika yang bersifat abstrak menyebabkan banyak siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari dan menyelesaikan soal matematika, khususnya soal pemahaman konsep yang sangat mendasar. Realistic Mathematics Education (RME) dengan pemanfaatan media powerpoint sebagai alternatif agar kemampuan pemahaman konsep siswa lebih baik. Teori ini mengacu pada pendapat Freudenthal yang mengatakan bahwa matematika harus dikaitkan dengan realita dan matematika merupakan aktivitas manusia. Model pembelajaran yang diterapkan adalah dengan menyajikan masalah-masalah konkrit yang langsung dipegang oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RME dengan pemanfaatan media powerpoint dapat mencapai ketuntasan belajar dan apakah kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RME dengan pemanfaatan media powerpoint lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL serta bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran RME dengan pemanfaatan media powerpoint materi pokok segiempat kelas VII SMP N 3 Banjarnegara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 3 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. Dalam penelitian eksperimen ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan menggunakan metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran RME dengan pemanfaatan media powerpoint efektif dapat mencapai ketuntasan belajar dan siswa aktif dalam pembelajaran. Dari tes kemampuan pemahaman konsep didapat 27 siswa dari 30 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM 65. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa 90% siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran RME dengan pemanfaatan media powerpoint dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL. Pada pembelajaran RME siswa juga terlibat aktif dalam pembelajaran. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran RME dengan pemanfaatan media powerpoint efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP N 3 Banjarnegara pada materi segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep, Powerpoint, RME, Segiempat
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 08:24
Last Modified: 05 Sep 2012 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15002

Actions (login required)

View Item View Item