Penerapan Model pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP)terhadap pemahaman konsep


Agni Taris Niyandara,, 4101408020 (2012) Penerapan Model pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP)terhadap pemahaman konsep. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP)terhadap pemahaman konsep ] Microsoft Word (Penerapan Model pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP)terhadap pemahaman konsep ) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Matematika sering dianggap siswa sebagai mata pelajaran yang sulit untuk dimengerti, hal ini dikarenakan kurang berminatnya siswa terhadap pelajaran matematika, tingkat berfikir siswa yang kurang, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang masih rendah dan sebagainya. Salah satu materi yang tidak disukai siswa adalah dimensi tiga terutama pada materi jarak. Hal ini dikarenakan pada materi ini siswa dituntut memiliki daya imajinasi tinggi karena materi ini bersifat abstrak, padahal tidak semua siswa memiliki daya imajinasi tinggi sehingga penguasaan materi siswa kurang. Oleh sebab itu siswa hendaknya benar-benar paham mengenai konsep-konsep yang ada serta harus menguasai materi prasyarat yang diperlukan, sebab bila pemahaman konsep siswa tersebut kurang maka mereka akan kesulitan dalam mempelajari materi ini. Dari paparan diatas jelas bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika masih tergolong rendah, maka perlu adanya strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat dimana siswa dapat belajar secara aktif dan dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar matematika. Pada pembelajaran dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project (MMP) siswa terlibat secara aktif pada saat pembelajaran. Siswa dituntut aktif dalam pembelajaran ini karena guru hanya sbagai fasilitator yang mendampingi dan membantu siswa menemukan pengetahuannya.Dalam pembelajaran dengan model MMP ada beberapa tahap, salah satunya adalah diskusi kelompok yang bertujuan untuk menumbuhkan sifat sosialisasi dan kerja sama siswa, selanjutnya ntuk mengukur pemahaman siswa dilakukan tes individual. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 SIMO tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa X-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada aspek kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen sebesar 76,97 dan kelas kontrol sebesar 72,28 . Dari hasil uji ketuntasan belajar dan uji proporsi diperoleh bahwa siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar, baik KKM individual maupun KKM klasikal. Berdasarkan uji kesamaan rata-rata diperoleh rata-rata hasil belajar aspek kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Jadi, simpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran MMP lebih baik daripada kelas kontrol terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X SMA N 1 SIMO pada materi pokok dimensi tiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model pembelajaran Missouri Mathematics
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 08:22
Last Modified: 05 Sep 2012 08:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item