Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Bantuan Student Worksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Jeruklegi


Sulvita Oktasari, , 4101408012 (2012) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Bantuan Student Worksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Jeruklegi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Bantuan Student Worksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok  Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Jeruklegi] Microsoft Word (Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC dengan Bantuan Student Worksheet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segiempat Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Jeruklegi) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Pada pembelajaran matematika evaluasi akhir yang digunakan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah karena jika peserta didik dapat memecahkan suatu masalah matematika, maka peserta didik tersebut pasti sudah mempunyai pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi yang baik. Pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran perlu disertai penggunaan media pembelajaran yang tepat agar dapat menunjang pembelajaran efektif demi tercapainya tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan bantuan student worksheetadalah suatu alternatif pembelajaran kooperatif yang digunakan bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan bantuan student worksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 jeruklegi. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIF dikenai perlakuan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan bantuan student worksheet serta kelas VIIE dikenai perlakuan model pembelajaran STAD. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan bantuan student worksheetsebagai variabel bebas dan kemampuan pemecahan masalah sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan metode tes untuk menentukan hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji perbedaan rata-rata untuk menguji hipotesis penelitiannya. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan bantuan student worksheet efektif dapat mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil pengujian terdapat 33 dari 34 peserta didik yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan KKM 64. Hasil uji ketuntasan belajar menyatakan bahwa 90% peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar.Dari hasil uji perbedaan rata-rata dengan diperoleh t_hitung=3,8448>t_tabel=1,99, berartirata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol Dari perhitungan diperoleh rata-rata hasil belajar kemampuan pemecahan masalah kelas ekperimen 75,80 dan untuk kelas kontrol 67,35. Hal ini menandakan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan bantuan student worksheet lebih baik daripada penggunaan model pembelajaran STAD pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CIRC, Student worksheet, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 07:43
Last Modified: 05 Sep 2012 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15000

Actions (login required)

View Item View Item