Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMP Pada Pokok Bahasan Luas Daerah Segiempat.


Ika Budiati, , 4101408009 (2012) Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMP Pada Pokok Bahasan Luas Daerah Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMP Pada Pokok Bahasan Luas Daerah Segiempat.] Microsoft Word (Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMP Pada Pokok Bahasan Luas Daerah Segiempat.) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Kebanyakan siswa memilih menghindari matematika karena menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit terutama ketika dihadapkan dengan soal-soal pemecahan masalah. Pemilihan dan pengembangan pendekatan pembelajaran yang tepat akan menunjang pembelajaran yang efektif guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam melakukan kegiatan belajar, motivasi dapat mengembangkan kemampuan berproses, mengarahkan, serta memelihara ketekunan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar dalam suatu kelas, mengetahui apakah peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pendekatan Open Ended labih dari peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model ekspositori, mengetahui persentase peningkatan skor motivasi belajar siswa pada pembelajaran dengan pendekatan Open Ended, mengetahui persentase pengaruh motivasi belajar siswa pada pembelajaran dengan pendekatan Open Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 5 Petarukan sebanyak 899 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIID sebanyak 40 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan pendekatan Open Ended dan kelas VIIG sebanyak 42 siswa sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran dengan model ekspositori. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan tes. Dari hasil uji proporsi, diperoleh bahwa kelas yang dikenai pembelajaran dengan pendekatan Open Ended mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 97,5%. Dari hasil uji Gain (uji peningkatan kemampuan pemecahan masalah), peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada pembelajaran dengan pendekatan Open Ended lebih dari peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada pembelajaran dengan model ekspositori. Persentase motivasi belajar siswa sebelum pembelajaran dengan pendekatan Open Ended sebesar 64,91% sedangkan setelah pembelajaran sebesar 77,78%. Ini berarti pembelajaran dengan pendekatan Open Ended meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 12,87%. Dari hasil analisis regresi sederhana, terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yakni variasi kemampuan pemecahan masalah siswa 13,75% dipengaruhi oleh motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, motivasi, Open Ended, Pendekatan pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 06:31
Last Modified: 05 Sep 2012 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14978

Actions (login required)

View Item View Item