Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar pada Aplikasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS).


Kamila Nisa, 4101407105 (2012) Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar pada Aplikasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar pada Aplikasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). ] Microsoft Word (Pengaruh Motivasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar pada Aplikasi Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS). ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Matematika adalah ilmu yang sangat berperan dalam kehidupan modern, namun dalam kenyataannya matematika menjadi mata pelajaran yang ditakuti siswa karena dianggap sulit. Ini dikarenakan terdapat metode pembelajaran yang tidak didukung model pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa termotivasi. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang sederhana (Slavin, 2009:257) adalah pembelajaran Think Pair Share (TPS), yaitu pembelajaran yang didesain guru dalam rangka memberi tantangan kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa dengan aplikasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada kelas VII. Selain itu juga peneliti ingin mengetahui apakah ada perbedaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2010/2011. Secara sampel acak, sampel dalam penelitian ini terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan bantuan software SPSS 16.0. Dari Independent Sample T-Test terdapat perbedaan rata-rata motivasi, minat dan prestasi belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan pengujian regresi terlihat dari koefisien determinasi yakni pada R Square pada kelas eksperimen pengaruh motivasi belajar adalah 51,4 % dan minat belajar siswa sebesar 80,1%, dan apabila motivasi dan minat belajar secera bersama-sama berpengaruh sebesar 82,2%. Sedangkan untuk kelas kontrol pengaruh motivasi belajar adalah 32,7% dan minat belajar siswa peserta didik sebesar 28,5%, dan apabila motivasi dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh sebesar 38,2%. Jadi disimpulkan pembelajaran Cooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif untuk pembelajaran matematika. Saran yang dapat peneliti berikan guna memberikan sumbangan pemikiran untuk meningkatkan motivasi dan minat peserta didik dengan menerapkan suatu model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam belajar matematika di kelas sehingga akan tercapai prestasi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Think Pair Share (TPS), pengaruh motivasi, pengaruh minat belajar siswa, prestasi belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:34
Last Modified: 05 Sep 2012 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14971

Actions (login required)

View Item View Item