Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan. Dalam Mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Lempongsari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang Tahun Pelajaran 2005-2006.
Djoko Muljono, 4102904147 (2006) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan. Dalam Mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Lempongsari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang Tahun Pelajaran 2005-2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Satuan. Dalam Mengukur Luas Daerah Persegi dan Persegi Panjang Siswa Kelas IV SD Lempongsari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang Tahun Pelajaran 2005-2006.)
- Published Version
Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan jelas ini diadakan berdasarkan hasil pembelajaran siswa Kelas IV SD Lempongsari 01 dalam mengukur luas bangun persegi dan persegi panjang masih rendah. Salah satu usaha untuk meningkatkan hasil belajar matematika tersebut menggunakan media pendidikan atau alat peraga dalam proses belajar mengajar yang disebut petak persegi satuan. Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sejauh mana peningkatan hasil belajar Matematika melalu penggunaan alat peraga petak persegi satuan dalam mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang pada siswa kelas IV SD Lempong sari 01 Kecamatan Gajahmungkur Semarang Tahun Pelajaran 2005- 2006. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga petak persegi satuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengukur luas daerah persegi dan persegi panjang. Subyek Penelitian : Siswa Kelas IV SD Lempong Sari 01 berjumlah 20 siswa, terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan, guru kelas IV SD Lempong sari 1 dan Seorang pengamat. Penelitian tindakan kelas ini dirancang pelaksanaan 2 siklus. Tiap siklus memiliki beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi Hasil penelitian pada siklus I rata-rata kelas mencapai 7,0 meskipun belum mencapai target yang diharapkan 7,5 namun sudah ada peningkatan hasil yang sebelumnya rata-rata kurang dari 6,5. Sedangkan siklus II rata-rata hasil tes mencapai 7,8 diatas tolok ukur keberhasilan, dengan demikian ada peningkatan hasil belajar matematika. Saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya guru dalam pembelajaran pengukuran luas daerah persegi dan persegi panjang menggunakan media atau alat peraga petak persegi satuan yang diberi bingkai agar menarik bagi siswa, setiap siswa sebaiknya memiliki alat peraga petak persegi satuan minimal tiap kelompok satu, guru perlu menjelaskan kembali cara menggunakan alat peraga petak persegi satuan agar yang belum jelas dapat mengetahui, peraga bangun persegi, persegi panjang perlu diberi perekat yang baik supaya dapat menempel pada papan panel lebih kuat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 14 Apr 2011 05:32 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1495 |
Actions (login required)
View Item |