Implementasi Model Pembelajaran Peer tutoring dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan CD Pembelajaran pada Materi Garis Singgung Lingkaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP


Ratih Kusumawati, 4101408037 (2012) Implementasi Model Pembelajaran Peer tutoring dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan CD Pembelajaran pada Materi Garis Singgung Lingkaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Peer tutoring dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan CD Pembelajaran pada Materi Garis Singgung Lingkaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP] Microsoft Word (Implementasi Model Pembelajaran Peer tutoring dengan Pendekatan Inquiry Berbantuan CD Pembelajaran pada Materi Garis Singgung Lingkaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Proses pembelajaran yang monoton karena kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran, tidak terjadinya interaksi antar peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung, dan tidak dilibatkannya peserta didik dalam menemukan rumus-rumus matematika menyebabkan adanya anggapan peserta didik bahwa matematika adalah mata pelajaran yang susah dan membosankan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Peer tutoring ¬dengan pendekatan inquiry berbantuan CD Pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang dikenai model peer tutoring dengan pendekatan inquiry berbantuan CD Pembelajaran mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang dikenai model ekspositori dan apakah aktivitas peserta didik berpengaruh terhadap pencapaian nilai tes hasil belajar garis singgung lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Boja tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian diambil secara cluster random sampling, diperoleh peserta didik kelas VIII E sebagai kelas eksperimendan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan observasi.Hasil uji proporsi menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar dengan presentase sebesar 93%. Hasil uji t menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar peserta didik kelas eksperimen mencapai 87,96 lebih dari rata-rata nilai hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang hanya mencapai 78,33. Sedangkan hasi uji regresi menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik kelas eksperimen berpengaruh sebesar 81,72% terhadap pencapaian nilai tes hasil belajar. Simpulan yang diperoleh adalah hasil belajar peserta didik yang dikenai modelpeer tutoring dengan pendekatan inquiry berbantuan CD pembelajaran mencapai ketuntasan belajar lebih baik dari hasil belajar peserta didik yang dikenai model ekspositori. Guru dapat menerapkan model pembelajaran peer tutoring dalam menyampaikan materi garis singgung lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Peer tutoring, pendekatan Inquiry, CD Pembelajaran, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Sep 2012 01:33
Last Modified: 05 Sep 2012 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item View Item