Sintesis dan Karakterisasi Edible film Kitosan Termodifikasi PVA dan Sorbitol


Maghfiroh, 4350408011 (2012) Sintesis dan Karakterisasi Edible film Kitosan Termodifikasi PVA dan Sorbitol. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sintesis dan Karakterisasi Edible film Kitosan Termodifikasi PVA dan Sorbitol] Microsoft Word (Sintesis dan Karakterisasi Edible film Kitosan Termodifikasi PVA dan Sorbitol) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Bahan makanan pada umumnya sensitif dan mudah mengalami penurunan kualitas karena faktor lingkungan, sehingga perlu dilakukan upaya pengemasan. Bahan pengemas dari plastik banyak digunakan dengan pertimbangan ekonomis dan memberikan perlindungan yang baik dalam pengawetan. Umumnya plastik kemasan makanan yang digunakan berbahan dasar polimer sintetik polipropilen (PP). Penggunaan polipropilen tersebut berdampak pada pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, dibutuhkan produk kemasan yang dapat diuraikan (degradable) untuk dapat menggantikan polipropilen. Salah satu solusinya adalah penggunaan edible film. Edible film dapat disintesis dari bahan baku biopolimer kitosan. Penambahan plasticizer PVA dan sorbitol dilakukan untuk memperbaiki karakter mekanik edible film kitosan, sehingga memenuhi karakter mekanik polipropilen. Pengukuran sifat mekanik edible film kitosan digunakan standar ASTM D 638-03. Hasil karakterisasi sifat mekanik edible film kitosan termodifikasi PVA dan sorbitol menunjukkan bahwa plasticizer sorbitol lebih berpengaruh terhadap penambahan nilai persen elongasi dari edible film kitosan, sedangkan plasticizer PVA lebih berpengaruh terhadap nilai kuat tarik edible film kitosan. Edible film kitosan yang memiliki nilai kuat tarik tertinggi, yaitu 54,79 MPa ditunjukkan oleh edible film kitosan dengan penambahan 0,75 gram PVA dan nilai persen elongasi tertinggi yaitu 115,71% dimiliki oleh edible film kitosan dengan penambahan 0,75 gram sorbitol dalam 50 ml larutan kitosan 3%. Sifat mekanik edible film kitosan tersebut relatif stabil pada masa penyimpanan maksimum, yaitu 14 hari. Hasil FT-IR menunjukkan bahwa plasticizer PVA dan sorbitol tidak banyak mengubah gugus fungsi dari edible film kitosan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Edible film, Kitosan, PVA, Sorbitol
Subjects: Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Sep 2012 01:21
Last Modified: 05 Sep 2012 01:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14942

Actions (login required)

View Item View Item