Sistem Kontrol Elektronik Pada Mesin Toyota Kijang 7K – E


Wahyu Widiatmoko, 5250308020 (2012) Sistem Kontrol Elektronik Pada Mesin Toyota Kijang 7K – E. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sistem Kontrol Elektronik Pada Mesin Toyota Kijang 7K – E] Microsoft Word (Sistem Kontrol Elektronik Pada Mesin Toyota Kijang 7K – E) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pada mesin yang menggunakan karburator, jumlah bahan bakar yang diperlukan diatur oleh karburator. Sistem karburator sudah lama digunakan mobil pada masa lalu dan sistem ini mempunyai kelemahan yang tidak bias bekerja secara optimal sesuai dengan kebutuhan mesin. Untuk mengganti sistem karburator, kemudian digunakanlah sistem Electronic Fuel Injection (EFI). Penulisan laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengidentifikasi komponen-komponen, melakukan pemeriksaan komponen sistem kontrol elektronik dan dapat melakukan analisis ganguan yang terjadi pada sistem kontrol elektronik Toyota Kijang 7K – E. Sistem kontrol elektronik berfungsi untuk mendeteksi berbagai sensor volume udara masuk, beban mesin, kepadatan oksigen dalam gas buang, temperatur udara, temperatur air pendingin, dll, dan selanjutnya input signal (data) dari masing-masing sensor dikirim ke electronic control unit (ECU), kemudian ECU menentukan lamanya injeksi yang tepat dan mengirimkan signal ke injektor-injektor sesuai signal yang dibutuhkan. Cara kerja dari sistem kontrol elektronik intinya adalah menjamin perbandingan campuran udara dan bahan bakar yang tepat, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian bahan bakar yang minimal. Pemeriksaan analisis gangguan pada sistem kontrol elektronik dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan alat scan kendaraan (scantool) dan dengan cara menghubungkan (dengan kabel jumper) terminal E1 dan TE1 pada data link connector (DLC) dengan membaca kode kerusakan pada kedipan lampu kesalahan Malfunction indicator lamp (MIL).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem kontrol elektronik, mengidentifikasi komponen, analisis gangguan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Sep 2012 01:16
Last Modified: 05 Sep 2012 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14939

Actions (login required)

View Item View Item