Pembinaan Moral Peserta Didik Melalui Eksplorasi Lingkungan di SMP Nasima Semarang


Iis Ernawati, , 3401408084 (2012) Pembinaan Moral Peserta Didik Melalui Eksplorasi Lingkungan di SMP Nasima Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembinaan Moral Peserta Didik Melalui Eksplorasi Lingkungan di SMP Nasima Semarang] Microsoft Word (Pembinaan Moral Peserta Didik Melalui Eksplorasi Lingkungan di SMP Nasima Semarang) - Published Version
Download (17kB)

Abstract

Eskplorasi lingkungan adalah pembelajaran outdoor dengan memanfatkan lingkungan sebagai sumber belajar.Permasalahan mencakup: (1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan moral peserta didik melalui eksplorasi lingkungan di SMP Nasima Semarang; (2) Hambatan apa yang dihadapi SMP Nasima Semarang dalam menerapkan pembinaan moral peserta didik melalui eksplorasi lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembinaan moral peserta didik melalui eksplorasi lingkungan di SMP Nasima Semarang; (2) hambatan yang dihadapi SMP Nasima Semarang dalam menerapkan pembinaan moral peserta didik melalui eksplorasi lingkungan. Pendekatan penenlitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.Lokasi penelitian di SMP Nasima Semarang.Fokus penelitian: (1) pelaksanaan pembinaan moral peserta didik melalui eksplorasi lingkungan mencakup pembinaan moral berhubungan dengan Tuhan (agama), sesama manusia (sosial), diri sendiri, dan lingkungan (alam); (2) hambatan yang dihadapi dalam menerapkan pembinaan moral melalui eksplorasi lingkungan.Sumber data penelitian ini adalah sumber primer dan sekunder.Alat pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Validitas datamenggunakan teknik triangulasi sumber.Analisis data dengan tiga tahap yaitureduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan eksplorasi lingkungan di SMP Nasima Semarang dilaksanakan saat-saat tertentu dan sesuai dengan waktu yang sudah diprogramkan (dijadwalkan) oleh sekolah.Adanya program pengenalan profesi di dalam kegiatan eksplorasi yaitu pembelajaran dilakukan dengan berkunjung ke suatu tempat/obyek atau mengundang seseorang dengan profesi tertentu, maka kegiatan eksplorasi lingkungan dapat dilakukan di sekitar lingkungan sekolah dan di luar sekolah. Dengan demikian, pelaksanaan pembinaan moral peserta didik di SMP Nasima Semarang melalui eksplorasi lingkungan sudah terlaksana dengan baik, meliputi pembinaan moral berhubungan dengan Tuhan (agama), sesama manusia (sosial), diri sendiri, dan lingkungan (alam). Pembinaan moral berhubungan dengan Tuhan (agama) dalam eksplorasi lingkungan dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada sang Pencipta dan pemahaman atas ke-Mahakuasa-an. Bentuk kegiatannya adalah shalat berjamaah, pesantren di sekolah dan di pondok pesantren, pengajian rutin setiap peringatan hari besar Islam, manasik haji (praktik haji), dan pengunjungan tempat-tempat Islami.Pembinaan moral sesama manusia (sosial) dalam eksplorasi lingkungan dilakukan dengan berbagi kepada sesama.Siswa diajak berkunjung ke panti Asuhan dan selama perjalanan eksplorasi beramal ketika melihat pengamen, peminta-minta, dan pedagang asongan serta live in di desa-desa. Moral sesama manusia yang dapat dibina yaitu sopan santun, saling menyayangi dan menghormati, saling mengenal, tolong-menolong dan saling membantu, sosialisasi dengan masyarakat, gotong-royong dan kerja keras.Adanya worksit yang harus dikerjakan selama eksplorasi dapat digunakan untuk membina moral diri sendiri.Moral diri sendiri yang dapat terbangun yaitu disiplin, mandiri, tanggung jawab, percaya diri, potensi diri, jujur, dan terbuka dengan orang lain. Kegiatan eskplorasi yang berhubungan dengan pembinaan moral diri sendiri hanya ada satu yaitu training motivation.Pembinaan moral lingkungan (alam) dalam eksplorasi lingkungan dengan membuat siswa belajar mencintai dan menghargai lingkungan dengan menjaga kebersihan dimana saja. Di bis selalu disediakan kardus untuk tempat sampah dan saat makan disediakan kantong kresek besar. Kegiatan eskplorasinya adalah menanam 1000 pohon mangrove di daerah Mangkang, berkunjung ke Agrowisata Suropadan Temanggung akhirnya di sekolahdipraktikkan dengan membuat taman kecil, pembuatan video glogal warming dan pengenalan bank sampah saat live in di desa Kadilobo Sleman.Hambatan yang dihadapi SMP Nasima Semarang dalam menerapakan pembinaan moral melalui eksplorasi lingkungan berasal dari siswa dan perubahan kondisi lingkungan.Siswa terkadang merasa bosan dan jenuh karena kegiatan yang terlalu padat apalagi jika obyek eksplorasi sudah pernah mereka kunjungi sendiri sebelumnya. Perubahan kondisi lingkungan meliputi perubahan cuaca dan keadaan sekitar obyekyaitu udara panas, hujan, tempat jauh dari air dan Masjid. Cuaca panas membuat siswa merasa kelelahan.Saat musim hujan dapat menunda kegiatan untuk terjun langsung di lapangan. Tempat jauh dari air dan Masjid dapat menghambat proses ibadah. Saran yang diberikan: (1) Bagi sekolah, sebelum pelaksanaan eksplorasi pihak sekolah khususnya panitia eksplorasi harus melakukan pensurveian lokasi terlebih dahulu sehingga dapat mengetahui dan mengenal kondisi dari medan eksplorasi. Siswa harus diajak berdiskusi (musyawarah) dalam menentukan usulan obyek eksplorasi melihat latar belakang siswa dari ekonomi menengah ke atas. Saat musim hujan maka sekolah harus memiliki cadangan kegiatan lain untuk mengalihkan kegiatan utamanya. Guru pendamping eksplorasi harus memiliki cara tersendiri untuk memotivasi atau memberikan semangat kepada siswa agar tetap semangat untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan eksplorasi, seperti memberikan permainan atau games. (2) Bagi peserta didik, Siswa harus memiliki motivasi dari dalam dirinya sendiri atau mensugesti dirinya bahwa kegiatan eksplorasi ini banyak memberikan pengetahuan. Siswa harus meningkatkan kedisplinan agar tidak ada siswa yang terlambat mengumpulkan tugas laporan kegiatan eksplorasi.Siswa harus menjaga kesehatan agar saat kegiatan eksplorasi dapat selalu mengikuti dengan baik semua rangkaian

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Moral, Peserta Didik, Eksplorasi Lingkungan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Sep 2012 01:05
Last Modified: 05 Sep 2012 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14933

Actions (login required)

View Item View Item