Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Tk Al Azhar 14 Semarang


Suli Setiyowati, , 3401407058 (2012) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Tk Al Azhar 14 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Tk Al Azhar 14 Semarang] Microsoft Word (Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Tk Al Azhar 14 Semarang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Pendidikan karakter sebagai pendidikan nilai budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuannya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menilai baik-buruk dan mewujudkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Anak yang berkarakter baik mempunyai kematangan emosi dan spiritual tinggi, sehingga dapat mengelola stresnya dengan baik, yang akhirnya dapat meningkatkan kesehatan fisiknya. Pendidikan karakter disini sangat penting ditanamkan pada anak usia dini, pada anak usia dini (3-6) tahun mengalami perkembangan luar biasa anak mengalami perkembangan otak dan mental, apa yang diketahui akan diterima tanpa ada seleksi antara yang baik dan buruk. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter yang ada di TK Al Azhar 14 Semarang membentuk karakter anak dan membentuk kepribadian anak yang bertujuan untuk mendidik dan membina mental, akhlak anak yang menjadi pribadi yang berakhlakul karimah khususnya sikap dan prilaku anak dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Al Azhar 14 Semarang, 2) faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Al Azhar 14 Semarang, 3) kendala-kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Al Azhar 14 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian meliputi data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pendidikan karakter pada anak usia dini di Tk Al Azhar 14 Semarang, yaitu dengan cara (a) mengintegrasikan nilai-nilai pembentuk karakter yang menjadi prioritas, (b) pengintegrasian kedalam metode pembelajaran, antara lain metode bermain, metode bernyanyi, metode bercerita, metode karya wisata, metode bercakap-cakap dengan mengembangkan kreativitas anak dengan cara kemandirian dan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup, menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan menjadikan karakter yang baik, (c) menambah waktu 30 menit setiap hari penambahan ini dilakukan pada pagi hari dan melakukan sosialisasi kepada orang tua peserta didik dan komite sekolah untuk mendukung pelaksanaan pendidikan karakter. 2) faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan pendidikan karakter yang ada di TK Al Azhar 14 Semarang meliputi, (a) motivasi siswa,bersemangat terhadap pembelajran yang diterapakan oleh guru kelas, para anak tidak merasa terpaksa ketika menjalani pembiasaan yang ada di sekolah (b) Dukungan Kepala Sekolah dan Guru bentuk dukungannya adalah dengan cara menciptakan hubungan yang harmonis sehingga bisa diterima dengan baik oleh anak, (c) Dukungan Keluarga dan Masyarakat Sekitar, bentuk dukungan keluarga dan lingkungan untuk tercapainya pendidikan karakter disekolah dengan mempercayakan pada pihak sekolah.3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK Al Azhar 14 Semarang Meliputi, (a) kendala intern,dalam kendala intern ini datang dari diri anak itu sendiri. guru hanya bisa membimbing dan memantau anak pada saat mereka di sekolah, diluar jam sekolah anak menjadi tangung jawab dari orang tua mereka (b) Kendala ekstern (lingkungan keluarga) keluarga merupakan tumpuan dari setiap anak, keluarga merupakan lingkungan yang pertama menerima pendidikan karena keluarga mempunyai peranan sangat penting dalam pembentukkan kepribadian anak yang baik. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagi Sekolah, Sebaiknya didalam kegiatan yang ada di sekolah semua komponen sekolah ikut terlibat dalam pelaksanaan pendidikan karakter, karena dalam membangun karakter siswa di sekolah diperlukan juga bantuan dari komponen-komponen sekolah yang lainnya, seperti kepala sekolah, guru, karyawan dan kepala sekolah dapat mengawasi jalannya pendidikan karakter yang diberikan kepada siswa. 2) Bagi orang tua siswa harus ikut mendorong terlaksananya pendidikan karakter di sekolah dengan mengawasi dan mendidik putra-putrinya di rumah. Semua beban pendidikan tidak boleh dibebankan kepada pihak sekolah karena bagaimanapun pendidikan karakter dalam keluarga lebih efektif lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pendidikan Karakter, Anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Sep 2012 02:46
Last Modified: 04 Sep 2012 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14898

Actions (login required)

View Item View Item