Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Guru Pkn Jenjang SMA Kabupaten Rembang


Mulyonoto Ari Setiawan, 3401406524 (2012) Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Guru Pkn Jenjang SMA Kabupaten Rembang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Guru Pkn Jenjang SMA Kabupaten Rembang] Microsoft Word (. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Guru Pkn Jenjang SMA Kabupaten Rembang) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Dizaman globalisasi saat ini penggunaan internet merupakan suatu kebutuhan global, seorang guru dituntut untuk bisa mengakses internet. Seperti halnya dengan guru PKn SMA di kabupaten Rembang. Tuntutan untuk memperoleh sumber pembelajaran yang up-to-date mengharuskan guru PKn untuk mengakses internet, Belum lagi melihat keadaan di lapangan bahwa media pembelajaran PKn yang tersedia saat ini sangatlah banyak termasuk diinternet, yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi minimnya media pembelajar PKn. Melihat uraian dan kenyataan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang, pemanfaatan internet Sebagai Sumber Pembelajaran Guru PKn SMA Kabupaten Rembang. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pemanfaatan internet oleh guru PKn SMA di Kabupaten Rembang sebagai sumber pembelajaan, (2) Untuk mengetahui motivasi dan hambatan yang terdapat dalam memanfaatkan internet sebagai sumber bahan belajar oleh guru PKn SMA di Kabupaten Rembang. Negeri 1 Rembang, SMA Negeri 2 Rembang dan SMA Negeri 3 Rembang. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif, terdapat dua Fokus dalam penelitian ini yaitu : (1) Pemanfatan Internet sebagai sumber pembelajaran guru PKn, (2) Motivasi dan hambatan yang terdapat dalam memanfaatkan internet sebagai sumber pembelajaran oleh guru PKn SMA Negeri Kabupaten Rembang. Sumber data dari penelitian ini adalah guru PKn SMA Negeri Kabupaten Rembang. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model analisis data interaktif yang meliputi 4 komponen yaitu: (1) Pengumpulan Data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, (4) Pengambilan Keputusan atau Verifikasi. Hasil penelitian menunjukan Guru PKn SMA Kabupaten Rembang telah memanfaatkan internet sebagai sumber pembelajaran PKn dalam waktu 2 - 3 jam dalam satu minggu. Pemanfaatan internet oleh Guru PKn SMA Kabupaten Rembang sebagai sumber pembelajaran dilakukan dengan cara memanfaatkan artikel, gambar dan video dari internet yang relevan sebagai bahan kajian, lalu mengaitkan materi pembelajaran dengan artikel, gambar dan video yang tersaji diinternet. Pencarian sumber pembelajaran yang dilakukan oleh guru PKn dengan cara searching di google dan searching di youtube. Guru Pkn SMA Kabupaten Rembang dalam mengakses internet di sekolah dengan menggunakan jaringan hotspot dan laptop yang disediakan oleh pihak sekolah sebagai alat pendukung. Motivasi Guru PKn SMA Kabupaten Rembang dalam memanfaatkan internet sebagai sumber pembelajaran sebagai berikut: (1) Keinginan guru PKn untuk memanfaatkan internet sebagai sumber pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pelajaran PKn, (2) Adanya fasilitas untuk mengakses internet di sekolah, (3) Adanya kelebihan – kelebihan internet sebagai sumber pembelajaran yang membuat guru lebih mudah dalam mencari sumber pembelajaran. Hambatan dalam mencari sumber pembelajaran dari internet sebagai berikut: (1) koneksi internet di sekolah belum stabil, (2) Ada kekhawatiran penyalagunaan pemakaian internet oleh siswa, (3) penyalahgunaan informasi yang tidak sesuai dengan pembelajaran, (4) kurang terampilnya guru dalam mengolah internet menjadi sumber pembelajaran. Saran dalam penelitian sebagai berikut : (1) Guru harus selalu efektik dalam mencari informasi yang sesuai dengan materi pembelajaran, (2) Guru harus selalu memberikan pengarahan pada siswa mengenai bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran di sekolah sehingga pemakainya dapat seoptimal mungkin, (3) Guru harus dapat memberikan motivasi kepada siswa dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar di sekolah, (4) Untuk pihak sekolah diharapkan ketersediaannya meningkatkan kapasitas bandwit hot spot yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, Sumber Pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Sep 2012 02:29
Last Modified: 04 Sep 2012 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14892

Actions (login required)

View Item View Item