Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Sumber Dan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012
Viki Vidiastuti, 3101408024 (2012) Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Sumber Dan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Sumber Dan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (34kB) |
Abstract
Hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Bergas dengan latar belakang menunjukkan minat belajar yang masih rendah. Beberapa faktor penyebab kurangnya minat belajar siswa adalah guru yang belum mampu memanfaatkan sumber dan media pembelajaran agar merangsang siswa dalam belajar dan minimnya media pembelajaran di SMA N I Bergas juga turut mempengaruhi kurang maksimalnya minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kompetensi guru dalam memanfaatkan sumber dan media belajar pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Bergas, (2) untuk mengetahui minat belajar siswa dalam memanfaatkan sumber dan media belajar pada pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 1 Bergas, (3) untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi guru dalam memanfaatkan sumber dan media belajar terhadap minat belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Bergas. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3,XI IPS 4 SMA N 1 Bergas tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 154 siswa tetapi hanya diambil 111 sampel penelitian, sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik simple random sampling. Variabel pada penelitian ini adalah variabel bebas (X) adalah kompetensi guru dalam memanfaatkan sumber dan media pembelajaran sejarah sedangkan variabel terikat (Y) adalah minat belajar sejarah siswa.Pengumpulan data menggunakan dokumen dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitidiketahui pemahaman siswa terhadap kompetensi guru rata-rata termasuk dalam kategori “Baik”.Hal ini terlihat sebanyak 42 siswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, sebanyak 68 siswa termasuk dalam kategori “Baik”, sebanyak 1 siswa termasuk dalam kategori “Cukup Baik”, tidak ada siswa siswa termasuk dalam kategori “Kurang Baik” dan “Sangat Kurang Baik”. Pada angket minat belajar tidak jauh berbeda diketahui pemahaman siswa terhadap minat belajar rata-rata termasuk dalam kategori “Baik”. Hal ini terlihat sebanyak 33 siswa termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, sebanyak 77 siswa termasuk dalam kategori “Baik”, sebanyak 1 siswa termasuk dalam kategori “Cukup Baik”, tidak ada siswa siswa termasuk dalam kategori “Kurang Baik” dan “Sangat Kurang Baik”. Hasil korelasi kedua variabel ini menunjukkan pengaruh yang signifikan yaitu dengan nilai r hitung 0,602 > r tabel 0,195 dengan tingat keeratan “cukup/sedang”.Simpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dalam memanfaatkan sumber dan media belajar terhadap minat belajar siswa, hal tersebut bisa dilihat dari nilai korelasi sebesar r hitung 0,602> r tabel 0,195 dengan kategori “Sedang/ Cukup”. Saran dalam penelitian ini adalah Perlu adanya dukungan dan dorongan dari pihak sekolah terhadap guru yang mempunyai kompetensi yang baik dalam upaya meningkatkan mutu hasil pendidikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi guru, sumber belajar, media belajar, minat belajar |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 02:01 |
Last Modified: | 04 Sep 2012 02:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14883 |
Actions (login required)
View Item |