Peranan Pemahaman Geografi (KD) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus


Arina Dias Tiningsih, 3201407074 (2012) Peranan Pemahaman Geografi (KD) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peranan Pemahaman Geografi (KD) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus] Microsoft Word (Peranan Pemahaman Geografi (KD) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus) - Published Version
Download (37kB)

Abstract

Manusia dalam kehidupan sehari hari selalu berinteraksi dengan lingkungannya. Manusia mempengaruhi lingkungan hidupnya dan juga dipengaruhi oleh lingkungannya. Lingkungan hidup bagi manusia berperan untuk memenuhi kebutuhan dasar hayatinya. Untuk itu perlu adanya pemberian pengetahuan kelingkungan. Pengetahuan lingkungan mempunyai peran penting dalam kaitannya dengan pengelolaan dan pelestarian lingkungan dan SDA, pengetahuan berusaha mengubah cara berfikir dan bertingkah laku. Pengelolaan lingkungan hidup merupakan kemampuan untuk memelihara dan memperbaiki mutu lingkungan agar kebutuhan dasar manusia dapat terpenuhi dengan sebaik-baiknya. Pengelolaan lingkungan yang baik dapat diperoleh melalui pendidikan khususnya mata pelajaran pengetahuan sosial geografi. Siswa sebagai subyek lingkungan khususnya di SMP Negeri 4 Kudus memiliki peranan penting dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan. Karena siswa sudah dibekali dengan pengetahuan lingkungan sejak dini, diharapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di SMP Negeri 4 Kudus berperilaku sesuai dengan tujuan pengetahuan lingkungan, namun kenyataannya walaupun sudah mendapatkan pengetahuan lingkungan masih saja berperilaku diluar dari tujuan pengetahuan lingkungan. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas, timbul permasalahan (1) Bagaimana tingkat pemahaman geografi siswa ? (2) Bagaimana sikap peduli siswa di lingkungan sekolah ? (3) Bagaimana peranan pemahaman geografi terhadap sikap peduli lingkungan ?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui tingkat pemahaman geografi siswa (2) Untuk mengetahui sikap peduli siswa di lingkungan sekolah (3) Untuk mengetahui peranan pemahaman geografi terhadap sikap peduli lingkungan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 272 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 20% dari jumlah populasi yaitu 52 siswa. Pengembilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu pemahaman geografi (KD) dan variabel terikat yaitu sikap peduli lingkungan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman geografi (KD) hidup dengan presentase 71,15% telah tuntas, atau dalam kategori baik (2) sikap peduli siswa di lingkungan sekolah dari keempat indikator dengan rata-rata 84,6% dalam kategori baik (3) dengan menggunakan SPSS For Windows Release 17 diperoleh persamaan regresi Ỵ= 32,487 + 0,372X dan nilai Fhitung 11,092 Ftabel 1,687. Karena Fhitung > Ftabel, maka koefisien dalam model regresi tersebut signifikan. Koefisien determinasi diperoleh angka 44,4% yang berarti pengetahuan materi pelajaran geografi memberikan peranan sebanyak 44,4% dalam kepedulian lingkungan hidup siswa, sedangkan 55,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) tingkat ketuntasan pemahaman geografi (KD) tergolong tinggi (2) sikap peduli siswa terhadap keempat indikator tergolong baik dengan persentase yang cukup tinggi (3) pemahaman geografi memberikan peranan terhadap sikap peduli lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan (1) guru untuk memberikan materi tentang lingkungan hidup tidak hanya sebatas kognitif saja, namun secara psikomotor dilakukan penilaian berkaitan dengan sikap dan tindakan siswa untuk menjaga lingkungan hidup (2) perlu adanya kegiatan rutin untuk menjaga kebersihan, memberikan sanksi yang tegas namun mendidik bagi siswa yang membuang sampah disembarang tempat atau merusak sarana dan prasarana yang ada di sekolah (3) diadakan lomba kebersihan kelas dan lingkungan sekitanya, sehingga siswa termotivasi untuk menjaga kebersihan lingkungan belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Geografi, Sikap Peduli, Lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 01:54
Last Modified: 04 Sep 2012 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14881

Actions (login required)

View Item View Item