Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa kelas II SDN Karanganyar 01


Bina Eka Lestari, 1402408012 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa kelas II SDN Karanganyar 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa kelas II SDN Karanganyar 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) pada Siswa kelas II SDN Karanganyar 01) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Karanganyar 01 ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas II. Proses pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini terlihat dari guru dalam menyampaikan materi dominan menggunakan metode konvensional dan menggunakan media gambar yang ada pada buku paket. Siswa di kelas menjadi lebih banyak diam mendengarkan ceramah sehingga banyak siswa yang ramai sendiri saat KBM berlangsung. Pembelajaran yang demikian menyebabkan aktivitas siswa kurang terlihat sehingga hasil belajar siswa rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas II SDN Karanganyar 01?”. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas II SDN Karanganyar 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) yang diterapkan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN Karanganyar 01. Teknik pegumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pemebalajaran IPA melalui pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) meningkat, diindikasikan dengan meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Siklus I memperoleh skor 22 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 27 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 34 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 21,2 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh rata-rata 26,7 dengan rata-rata baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata 32,6 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata kelas sebesar 69 dengan ketuntasan klasikal 68,2%, siklus II memperoleh rata-rata 75,2 dengan ketuntasan klasikal 79,5%, dan pada siklus III memperoleh rata-rata menjadi 80,6 dengan ketuntasan klasikal 88,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas II SDN Karanganyar 01. Saran bagi guru adalah perlu memaksimalkan penggunaan model pembelajaran dan media yang bervariasi dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Koopreratif tipe Numbered Heads Together
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 01:06
Last Modified: 04 Sep 2012 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14866

Actions (login required)

View Item View Item