Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan PAKEM dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) Kelas IV SDN Mangkangkulon 03 Semarang


Niken Wityastuti, 1401909088 (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan PAKEM dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) Kelas IV SDN Mangkangkulon 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan PAKEM dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) Kelas IV SDN Mangkangkulon 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan PAKEM dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) Kelas IV SDN Mangkangkulon 03 Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Mangkangkulon 03 Semarang. Hal ini berdasarkan hasil nilai belajar siswa pada prasiklus yang menunjukan 73,9% belum tuntas dalam belajar. Penyebab permasalahan tersebut karena guru masih menggunakan sistem mengajar konvensional, KBM terasa sangat monoton dan kurang interaktif sehingga menyebabkan siswa pasif mengikuti pembelajaran dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan pendekatan PAKEM dengan model POE. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah melalui pendekatan PAKEM dengan model POE dapat meningkatkan aktivitas guru pada pembelajaran IPA?; 2) Apakah melalui pendekatan PAKEM dengan model POE dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran IPA?; 3) Apakah melalui pendekatan PAKEM dengan model POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa kelas IV melalui pendekatan PAKEM dengan model POE di SDN Mangkangkulon 03 semarang, yang meliputi: 1) peningkatan aktivitas guru dalam pembelajaran IPA; 2) peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA; 3) peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Penelitian ini dilakukan di SDN Mangkangkulon 03 Semarang, meliputi guru dan seluruh kelas IV sebanyak 23 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, tes, observasi dan cacatan lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I rata-rata perolehan skor aktivitas guru adalah 2,69, pada siklus II rata-rata perolehan skor aktivitas guru meningkat menjadi 3,19; 2) aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 20,18,dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 30,54; 3) Pada siklus I ketuntasan klasikal mencapai 60,87% dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 95,65%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui pendekatan PAKEM dengan model POE dapat meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN mangkangkulon 03. Untuk itu sebaiknya guru menggunakan pendekatan PAKEM dengan mode POE dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Pendekatan PAKEM, Model POE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2012 00:58
Last Modified: 04 Sep 2012 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14862

Actions (login required)

View Item View Item