Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Yang Menggunakan Metode CIRC Dengan Yang Menggunakan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri


Eko Sri Rahayu, 3301405001 (2009) Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Yang Menggunakan Metode CIRC Dengan Yang Menggunakan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Yang Menggunakan Metode CIRC Dengan Yang Menggunakan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri] Microsoft Word (Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Yang Menggunakan Metode CIRC Dengan Yang Menggunakan Metode Ceramah Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang di miliki siswa setelah ia meneima pengalaman belajarnya.Pengukur hasil belajar siswa guru biasanya menggunakan metode ceramah. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar maka menggunakan metode CIRC. Dari sini muncul permasalahan yaitu Apakah Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Mengelola Administrasi Pembelian siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri yang menggunakan metode CIRC lebih baik dari pada yang menggunakan metode ceramah? Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Apakah Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Mengelola Administrasi Pembelian siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Weleri yang menggunakan metode CIRC lebih baik dari pada yang menggunakan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X akuntansi yang berjumlah 119 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X Ak1 dan X Ak2. Variabel dalam penelitian ini adalah:Variabel Bebas:(1)Metode CIRC (2)Metode ceramah.Variabel Terikat: Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Mengelola Administrasi Pembelian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, Metode observasi, Metode dokumentasi, dan metode tes. Data dianalisis menggunakan uji t, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar akuntansi kompetensi mengelola administrasi pembelian yang menggunakan metode CIRC lebih baik dari pada yang menggunakan metode ceramah terbukti dengan diperoleh hasil perhitungan t hitung sebesar 11,131 > t tabel 1,66 pada taraf signifikansi 5% dengan N=82. Nilai rata-rata kelas eksperimen 8,60 dan kelas kontrol 6,19. Dengan demikian hipotesis diterima dimana hasil belajar yang menggunakan metode CIRC lebih baik dari pada yang yang menggunakan metode ceramah. Dari hasil uji t sebesar 11,131 maka hasil belajar akuntansi kompetensi Mengelola Administrasi Pembelian yang menggunakan metode CIRC lebih baik dari pada yang menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X AK SMK Muhammadiyah 1 Weleri dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 8,60 dan kelas kontrol sebesar 6,19. Saran yang dapat diberikan adalah:(1)Guru seyogyanya menggunakan metode CIRC sebagai metode alternative dalam pembelajaran akuntansi pada kompetensi Mengelola Administrasi Pembelian, karena metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.(2)Kepala Sekolah perlu mengevaluasi kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan monitoring secara rutin dengan tujuan untuk meningkatkan peran guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi,Hasil Belajar, Metode CIRC, Metode Ceramah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Sep 2012 00:55
Last Modified: 04 Sep 2012 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14861

Actions (login required)

View Item View Item