Peningkatan Daya Saing Sektor Pertanian Tanaman Pangan Antar Kecamatan di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah


Yanuar Eka Sollahuddin, 3250408025 (2012) Peningkatan Daya Saing Sektor Pertanian Tanaman Pangan Antar Kecamatan di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Daya Saing Sektor Pertanian Tanaman Pangan Antar Kecamatan di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah] Microsoft Word (Peningkatan Daya Saing Sektor Pertanian Tanaman Pangan Antar Kecamatan di Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Keberhasilan pembangunan pertanian akan mendukung terwujudnya pembangunan ekonomi yang lebih tangguh, maka pengembangan pertanian tanaman pangan unggulan seperti padi, jagung, kedelai, singkong, dan kacang tanah dapat diarahkan pada kegiatan pertanian yang lebih menguntungkan misalnya agrobisnis. Hal inilah yang menjadi latar belakang penelitian yaitu Kabupaten Tegal sekarang ini masih mengandalkan sektor pertanian sebagai tulang punggung pembangunan ekonomi. Tujuan penelitian ini meliputi: (1) mengetahui perbandingan potensi sektor pertanian tanaman pangan tiap kecamatan di Kabupaten Tegal; (2) mengetahui laju pertumbuhan sektor pertanian tanaman pangan di Kabupaten Tegal; dan (3) mengetahui daya saing sektor pertanian tanaman pangan di Kabupaten Tegal. Objek penelitiannya adalah potensi sektor pertanian tanaman pangan seluruh kecamatan di Kabupaten Tegal. Populasinya (sensus) yaitu semua bagian wilayah tingkat kecamatan di Kabupaten Tegal diteliti. Variabelnya adalah pertanian tanaman pangan tiap kecamatan di Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik analisis seperti: analisis Location Quetiont, analisis Shift Share, dan analisis Scalograme. Hasil analisis Location Quetiont secara regional, wilayah yang memiliki komoditi unggulan terbanyak yaitu Kecamatan Lebaksiu, dengan komoditi unggulan meliputi: padi, jagung, ketela rambat, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hijau. Sedangkan secara sektoral, komoditi tanaman pangan unggulan yang mendominasi penyediaan pangan yaitu ketela pohon. Hasil analisis Shift Share, laju pertumbuhan sektor pertanian tanaman pangan di Kabupaten Tegal tergolong baik dan mempengaruhi nilai tambah bagi pendapatan regional Kabupaten Tegal. Pertumbuhannya meningkat 3,60 persen per tahun. Laju pertumbuhan produksi sektor pertanian pangannya tergolong lebih cepat dibandingkan pertumbuhan produksi nasional. Padi menjadi komoditi unggulan utama sebagai motor penggerak pertumbuhan sektor pertanian tanaman pangan. Hasil analisis Scalograme, daya saing sektor pertanian antar kecamatan di Kabupaten Tegal bersaing secara ketat. Tingkat ketersediaan fasilitas pertanian tertinggi terdapat di Kecamatan Kramat. Sedangkan kelengkapan fasilitas pendukung pertanian terendah terdapat di Kecamatan Dukuhturi. Saran, diharapkan tanaman pangan yang dipertahankan untuk kebutuhan lokal adalah padi, hendaknya segera dirumuskan strategi yang inovatif dalam hal pengembangan tanaman pangan yang berguna untuk menunjang sektor pangan dan kesejahteraan masyarakat di tingkat regional (Provinsi Jawa Tengah).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daya saing, Setor Pertanian, Tanaman Pangan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Sep 2012 00:45
Last Modified: 04 Sep 2012 00:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14856

Actions (login required)

View Item View Item