Pemetaan Komposisi Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah Menggunakan Sistem informasi Geografis (SIG) di Kabupaten Purworejo Tahun 2005 dan 2010


Faizah Hikmawati , 3212309002 (2012) Pemetaan Komposisi Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah Menggunakan Sistem informasi Geografis (SIG) di Kabupaten Purworejo Tahun 2005 dan 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemetaan Komposisi Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah Menggunakan Sistem informasi Geografis (SIG) di Kabupaten Purworejo Tahun 2005 dan 2010] Microsoft Word (Pemetaan Komposisi Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah Menggunakan Sistem informasi Geografis (SIG) di Kabupaten Purworejo Tahun 2005 dan 2010) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah, SIG Dalam pembangunan suatu wilayah data kependudukan sangat diperlukan, namun permasalahan yang ada di Kabupaten Purworejo adalah belum adanya informasi mengenai peta komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan dasar dan menengah menggunakan sistem informasi geografis (SIG) pada tahun 2005 dan 2010. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk memetakan komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan serta angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah serta menyajikan peta kepadatan penduduk aritmatik Kabupaten Purworejo tahun 2005 dan 2010. Metode pengumpulan data berupa metode wawancara dan dokumentasi. wawancara yaitu dengan cara bertanya langsung pada narasumber instansi terkait mengenai cara peubah komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan dasar dan menengah serta Angka Partisipasi Kasar dan Murni. metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data kependudukan dan pendidikan dari instansi terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu dengan menjelaskan perbandingan maupun peubah jumlah penduduk menurut tingkat pendidikan dasar dan menengah antar kecamatan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif maka didapatkan hasil keluaran pengolahan data menggunakan Arc View 3.3 adalah berupa peta, tabel, laporan dan hasil informasi mengenai tingkat pendidikan di kabupaten Purworejo. peta tingkat pendidikan berupa peta jumlah siswa, peta kelulusan siswa yang menggunakan simbol tabel yang terdiri dari tiga warna, warna merah menunjukkan pendidikan sekolah dasar, warna hijau menunjukkan pendidikan sekolah menengah pertama, dan warna biru menunjukkan pendidikan sekolah menengah atas. Peta kelas jumlah siswa dan peta kelas kelulusan siswa dan peta kepadatan penduduk menggunakan gradasi warna, terdiri dari tiga gradasi warna karena terdapat tiga kelas. Peta angka partisipasi kasar dan peta angka partisipasi murni pendidikan dasar dan menengah menggunakan gradasi warna, terdiri dari lima gradasi warna karena terdapat lima kelas. Saran tugas akhir ini adalah Perlunya penyajian data dalam bentuk peta, karena karena seiring berkembangnya zaman peta sangat diperlukan karena dapat memberikan informasi dalam bentuk yang mudah dipahami dan lebih menarik, Dengan adanya peta tingkat pendidikan di Kabupaten Purworejo tersebut, diharapkan agar menjadi bahan pertimbangan mengenai pembangunan khususnya di bidang pendidikan agar lebih meningkatkan sarana prasarana maupun kualitas disegala aspek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemetaan Komposisi Penduduk,Tingkat Pendidikan Dasar, Menengah Menggunakan Sistem informasi Geografis (SIG)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Survei dan Pemetaan Wilayah, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 06:51
Last Modified: 03 Sep 2012 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item View Item