Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP) pada KPPN Semarang I sebagai Satuan Kerja


Marnin Anugrah Rizki, 7212309005 (2012) Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP) pada KPPN Semarang I sebagai Satuan Kerja. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP) pada KPPN Semarang I sebagai Satuan Kerja] Microsoft Word (Efektivitas dan Efisiensi Penggunaan Aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP) pada KPPN Semarang I sebagai Satuan Kerja) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Sejak dimulainya pelaksanaan APBN TA 2005, implementasi kewenangan administratif tersebut telah dilaksanakan tercermin dengan beralihnya tugas-tugas ordonasering pengelolaan administrasi belanja pegawai dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan kepada Menteri Negara/Lembaga/Satuan Kerja. Pengalihan kewenangan ini tidak serta merta melepaskan tanggung jawab pengamanan dalam pengelolaan keuangan negara, sehingga perlu adanya suatu sistem yang mendukung. Dirjen Perbendaharaan telah menyediakan Aplikasi guna mendukung pengelolaan administrasi belanja pegawai khususnya gaji PNS Pusat yang selanjutnya disebut dengan Aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP). Aplikasi GPP digunakan untuk mempermudah mengelolah gaji PNS pusat pada Satuan Kerja. Permasalahan yang dikaji antara lain: Bagaimana penggunaan Aplikasi GPP pada KPPN Semarang I, Apakah kelebihan dan kelemahan Aplikasi GPP serta efektifitas dan efisisensi penggunaan Aplikasi GPP pada KPPN Semarang I sebagai Satuan Kerja. Tujuan penulisan Tugas Ahir ini adalah untuk mengetahui penggunaan Aplikasi GPP, kelemahan dan kelebihan Aplikasi GPP serta efektifitas dan efisiensi dari penggunaan Aplikasi GPP pada KPPN Semarang I sebagai satker. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah KPPN Semarang I. Data yang digunakan adalah jenis data primer dan data skunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya, sedangkan data sekunder adalah data yang diterbitkan oleh orang yang bukan pengelolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat penulis adalah Aplikasi GPP digunakan untuk menghitung berbagai macam gaji PNS pada KPPN semarang I, objek penelitian yaitu PNS yang terdapat pada KPPN Semarang I. Kelebihan dari Aplikasi GPP adalah administrasi belanja pegawai yang lebih mudah dengan akurasi yang tinngi serta lebih efisien tenaga dan waktu, sedangkan kelemahan dari Aplikasi GPP adalah update Aplikasi GPP yang harus dilakukan setiap waktu. Efektifitas dan efisiensi penggunaan Aplikasi GPP dapat dilihat dari data gaji induk PNS yang dapat diproses secara tepat dan cepat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas dan efisiensi penggunaan Aplikasi GPP dapat dilihat dari pengelolaan gaji induk PNS yang diselesaikan secara cepat, tepat dan akurat. Aplikasi GPP sangat membantu proses pengelolaan gaji PNS pada KPPN Semarang I. Selain itu Aplikasi GPP ini selalu ada penyempurnaan untuk menu-menu yang belum sempurna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP), belanja pegawai
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 03:11
Last Modified: 03 Sep 2012 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14836

Actions (login required)

View Item View Item