Perbedaan Nilai Ulangan Harian Tes Pilihan Ganda dengan Uraian Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009


Andry Ardiyanti, , 3201405022 (2009) Perbedaan Nilai Ulangan Harian Tes Pilihan Ganda dengan Uraian Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Nilai Ulangan Harian Tes Pilihan Ganda dengan Uraian Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009] Microsoft Word (Perbedaan Nilai Ulangan Harian Tes Pilihan Ganda dengan Uraian Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isi sosial, dan salah satu mata pelajaran yang termuat dalam materi IPS adalah Geografi. Dalam pencapaian hasil belajar IPS Geografi disamping dituntut keaktifan belajar siswa, juga diperlukan adanya perlakuan oleh guru dalam hal ini penilaian. Penilaian yang dilakukan yaitu dengan penilaian kelas yang berupa ulangan harian yang dilakukan setiap selesai proses pembelajaran dalam kompetensi dasar tertentu yang biasanya berbentuk tes tertulis baik itu tes pilihan ganda maupun tes uraian. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Nilai Ulangan Harian Tes Pilihan Ganda Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 (2) Bagaimanakah Nilai Ulangan Harian Tes Uraian Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 (3) Adakah Perbedaan Nilai Ulangan Harian Tes Pilihan Ganda Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Nilai Ulangan Harian Tes Pilihan Ganda Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 (2) Mengetahui Nilai Ulangan Harian Tes Uraian Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009 (3) Mengetahui Perbedaan Nilai Ulangan Harian Tes Pilihan Ganda dengan Uraian Pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VII SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun 2008/2009 yang berjumlah 7 (tujuh) kelas dengan jumlah 275 orang. Pengambilan sampel yang berjumlah dua kelas dilakukan dengan random sampling, sehingga terpilih kelas VII D (kelas eksperimen I) dan VII E (kelas eksperimen II). Ada dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Nilai ulangan harian tes pilihan ganda (2) Nilai ulangan harian tes uraian. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Alat tes digunakan untuk mengetahui nilai rata-rata ulangan yang dilakukan sebanyak tiga kali. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji chi kuadrat, uji kesamaan dua varian dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ulangan harian tes pilihan ganda lebih baik dari tes uraian pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tiga kali ulangan harian tes pilihan ganda (kelas eksperimen I) sebesar 78,47 dengan tes uraian (kelas eksperimen II) sebesar 68,51. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai ulangan harian tes pilihan ganda dengan uraian pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VII SMP Negeri 22 Semarang. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji t yang diperoleh t hitung 3,457 > t tabel 1,66 pada taraf signifikansi 5%. Saran yang dapat diberikan dalam kaitannya dengan penelitian ini adalah guru geografi dalam pelaksanaan ulangan harian diharapkan memberikan tes pilihan ganda, selain menggunakan tes uraian dengan tetap memperhatikan aspek mudah, sedang dan sukarnya soal dan variasi soal agar siswa termotivasi untuk belajar lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Ulangan Harian, Tes Pilihan Ganda, Tes Uraian
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 02:55
Last Modified: 03 Sep 2012 02:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14833

Actions (login required)

View Item View Item