Pengaruh Pemindahan Lokasi SMA N 10 Semarang Dari Jalan Gebang Sari Ke Jalan Padi Raya Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI. Tahun Ajaran 2005/2006


Ahmad Zaki Almubarak, 3201402018 (2006) Pengaruh Pemindahan Lokasi SMA N 10 Semarang Dari Jalan Gebang Sari Ke Jalan Padi Raya Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI. Tahun Ajaran 2005/2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemindahan Lokasi SMA N 10 Semarang Dari Jalan Gebang Sari Ke Jalan Padi Raya Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI. Tahun Ajaran 2005/2006]
Preview
PDF (Pengaruh Pemindahan Lokasi SMA N 10 Semarang Dari Jalan Gebang Sari Ke Jalan Padi Raya Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI. Tahun Ajaran 2005/2006) - Published Version
Download (660kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Pemindahan Lokasi SMA Negeri 10 Semarang Dari Jalan Gebangsari Ke Jalan Padi Raya Berpengaruh Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Geografi?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemindahan lokasi SMA Negeri 10 Semarang terhadap peningatan prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Geografi tahun ajaran 2005/2006. Populasinya adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2005/2006 yakni sejumlah 197 siswa. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 25 % dari jumlah populasi atau sebanyak 50 orang siswa, Teknik pengambilan sampel dengan cara Proportional Random sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan 1) metode observasi, 2) metode angket atau kuesioner, 3)Wawancara dan 4)Dokumentasi Hasil Penelitian ini mengatakan bahwa ada pengaruh pemindahan lokasi SMA N 10 semarang dari Jalan Gebang Sari ke Jalan Padi Raya terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI. Tahun Ajaran 2005/2006 hal itu ditunjukkan dengan hasil perhitungan t-test pada sub variabel prestasi belajar thit = 3,57 untuk α 5% dengan db 49 diperoleh ttabel (0,975) = 1,68 berarti ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa pada mata palajaran geografi di lokasi sekolah yang baru dengan prestasi belajar geografi siswa pada lokasi sekolah yang lama. Dilihat dari hasil penelitian, hasil analisis data dan pembahasan, kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini berkaitan dengan hipotesis adalah: Pemindahan lokasi SMA N 10 semarang dari Jalan Gebang Sari ke Jalan Padi Raya berpengaruh pada Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI tahun ajaran 2005/2006, dan disarankan: 1) Guru agar dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah baru guna membantu siswa dalam memahami materi yang berhubungan dengan geografi seperti penggunaan media audiovisual untuk memperlihatkan fenomena-fenomena geosfer. 2) Kepada kepala sekolah diharapkan agar dapat membenahi serta melengkapi fasilitas yang ada guna mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang dicita-citakan.3) Siswa agar dapat lebih bersemangat serta bersunggung-sungguh dalam mengikuti pelajaran karena sekolah di lokasi yang baru memiliki kondisi yang jauh lebih kondusif serta memiliki fasilitas yang lebih memadai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lokasi Sekolah, Peningkatan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2011 04:04
Last Modified: 25 Apr 2015 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item