Kepribadian, Komunikasi Antar Pribadi dan Motivasi pada Belajar Siswa di Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kendal Tahun 2011/2012


LalaTri Setyani, 7101408099 (2012) Kepribadian, Komunikasi Antar Pribadi dan Motivasi pada Belajar Siswa di Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kendal Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kepribadian, Komunikasi Antar Pribadi dan Motivasi pada Belajar Siswa di Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kendal Tahun 2011/2012] Microsoft Word (Kepribadian, Komunikasi Antar Pribadi dan Motivasi pada Belajar Siswa di Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kendal Tahun 2011/2012) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Kepribadian, komunikasi antar pribadi, dan motivasi merupakan faktor penting pada belajar siswa. Dengan kepribadian, komunikasi antar pribadi, dan motivasi yang baik akan menciptakan kondisi belajar yang kondusif, sehingga hasil belajar yang didapatkan oleh peserta didik dapat lebih optimal. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana kepribadian, komunikasi antar pribadi, dan motivasi pada belajar siswa di kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Kendal yang berjumlah 73 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu siswa kelas X AP 1 yang berjumlah 37 siswa dan kelas X AP 2 yang berjumlah 36 siswa. Variabel yang diteliti yaitu kepribadian, komunikasi antar pribadi dan motivasi sebagai variabel bebas. Data merupakan data primer yang diambil dengan menggunakan angket penelitian dan metode dokumentasi, selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan persepsi siswa mengenai kepribadian di SMK Negeri 1 Kendal cukup tinggi, yakni sebanyak 50,56% atau 37 siswa, sehingga kepribadian siswa mendukung proses pembelajaran di kelas. Sedangkan untuk komunikasi antar pribadi yang dimiliki siswa cukup tinggi, yakni sebanyak 34,23% atau 38 siswa, sehingga komunikasi antar pribadi juga mendukung proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa kepribadian, komunikasi antar pribadi, dan motivsi sudah baik yang merupakan salah satu faktor penting pada belajar siswa di kelas X. Namun kepribadian, komunikasi antar pribadi dan motivasi yang sudah baik tadi perlu ditingkatkan lagi, untuk itu sebaiknya sekolah menyediakan fasilitas belajar yang memadai dan perlu meningkatkan kompetensi yang dimiliki guru, agar guru lebih professional dalam mendidik para siswa. Hal ini dapat dilakukan melalui pendelegasian lokakarya maupun pelatihan-pelatihan peningkatan mutu guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Komunikasi Antar Pribadi, Motivasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 01:16
Last Modified: 03 Sep 2012 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14815

Actions (login required)

View Item View Item