Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Kearsipan Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Melalui Slide Bergambar Komik Pada Kelas XI AP 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 Di SMK Setiabudhi Semarang


Ida Riyanti, 7101408065 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Kearsipan Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Melalui Slide Bergambar Komik Pada Kelas XI AP 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 Di SMK Setiabudhi Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Kearsipan Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Melalui Slide Bergambar Komik Pada Kelas XI AP 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 Di SMK Setiabudhi Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Kearsipan Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Melalui Slide Bergambar Komik Pada Kelas XI AP 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 Di SMK Setiabudhi Semarang) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa mata pelajaran kearsipan adalah kompetensi pengelolaan kearsipan dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi dasar memilih sistem yang sesuai menuntut siswa supaya dapat melakukan aktivitas kearsipan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hasil observasi awal di SMK Setiabudhi Semarang diperoleh data, bahwa pada pembelajaran kearsipan sebagian besar siswa kelas XI. AP 2 memiliki hasil belajar yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebanyak 93% siswa kelas XI. AP 2 SMK Setiabudhi Semarang memiliki hasil belajar yang masih berada dibawah KKM dan ketuntasan yang dicapai hanya 6,9%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok pengelolaan kearsipan, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi melalui slide bergambar komik. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas XI. AP 2 SMK Setiabudhi Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi siswa, soal evaluasi pada setiap akhir siklus, lembar kinerja guru, dan lembar wawancara siswa. Hasil penelitian ini diperoleh dari persentase aktivitas belajar siswa dari setiap siklus. Adapun peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I hanya mencapai 45%, dan pada siklus II meningkat menjadi 73%. Selain peningkatan aktivitas belajar siswa juga terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Adapun peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I mencapai 31% dan pada siklus II meningkat menjadi 76%. Sedangkan kinerja guru pada siklus I mencapai 56%, kemudian untuk siklus II, persentase lebih meningkat dibanding sebelumnya yaitu dari 56% menjadi 92. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas XI. AP 2 SMK Setiabudhi Semarang pada materi pokok pengelolaan kearsipan dengan implementasi metode pembelajaran demonstrasi melalui slide bergambar komik. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: Siswa diharapkan aktif dalam menyampaikan pertanyaan, selain itu siswa diharapkan selalu memperhatikan penjelasan guru dan bersungguh-sungguh saat pembelajaran berlangsung. Saran untuk guru yaitu guru senantiasa menyampaikan materi dengan memberikan contoh-contoh yang nyata sehingga siswa mampu menerima dan memahami materi pelajaran dengan baik. Guru juga hendaknya melakukan perbaikan-perbaikan secara khusus pada slide bergambar komik pada setiap siklus. Sekolah hendaknya meningkatkan peralatan dan perlengkapan yang menunjang pelaksanaan proses pembelajaran terutama pembelajaran praktik. Bagi Peneliti selanjutnya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menambah variasi media pembelajaran yang lebih variatif sehingga diperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Pengelolaan Kearsipan, Metode Pembelajaran Demonstrasi Melalui Slide Bergambar Komik
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 01:11
Last Modified: 03 Sep 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14813

Actions (login required)

View Item View Item