Kompetensi Pedagogik dan Pengaruhnya Terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Kota Pati Tahun Ajaran 2011/2012
Siti Cholifah, 3101408103 (2012) Kompetensi Pedagogik dan Pengaruhnya Terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Kota Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Kompetensi Pedagogik dan Pengaruhnya Terhadap Penerapan Strategi Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Kota Pati Tahun Ajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru sejarah harus mampu menerapkan strategi pembelajaran yang efektif bagi siswanya. Kompetensi pedagogik yang dimiliki masing-masing guru cenderung berbeda. Untuk mencapainya guru harus dapat mengetahui karakteristik dan kemampuan masing-masing siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru sejarah kelas XI IPS pada SMA di Kota Pati tahun ajaran 2011/2012, bagaimana penerapan strategi pembelajarannya serta adakah pengaruh kompetensi pedagogik terhadap penerapan strategi pembelajaran sejarah. Variabel bebas dalam penelitian ini ialah kompetensi pedagogik dan variabel terikatnya ialah penerapan strategi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode tes, studi dokumen dan observasi. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan alat meliputi soal tes, lembar studi dokumen dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sejarah di SMA Kota Pati yang terdaftar di Dinas Pendidikan Kota Pati. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling yang berjumlah 10 guru sejarah dari 4 SMA di Kota Pati. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil analisis didapatkan data kompetensi pedagogik guru sejarah pada siswa kelas XI IPS di SMA negeri dan swasta kota Pati tahun ajaran 2011/2012 memenuhi kriteria baik mencapai 75,5% dan penerapan strategi pembelajaran dengan kriteria baik mencapai 74,90%. Hasil analisis dengan menggunakan analisis regresi dengan menggunakan program komputasi SPSS 16, maka diperoleh persamaan regresi: Y ̂ = 45,537 + 1,945X, dimana hasil uji parsial yang dilakukan bahwa nilai thitung sebesar 2,865 dengan signifikansi hitung sebesar 0,021 dan signifikansi alpha 0,05, maka signifikansi hitung < signifikansi alpha sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti kompetensi pedagogik (X) berpengaruh positif terhadap penerapan strategi pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS di SMA Kota Pati(Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,506 yang berarti kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap penerapan strategi pembelajaran sejarah sebesar 50,6% dan sisanya sebesar 49,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Simpulan dari hasil penelitian yaitu peningkatan kompetensi pedagogik akan diikuti oleh peningkatan penerapan strategi pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS di SMA Kota Pati sebesar 50,6%. Saran yang dapat diberikan hendaknya para guru sejarah di SMA negeri maupun swasta selalu meningkatkan kompetensi pedagogik sehingga penerapan strategi pembelajaran akan menjadi lebih baik. .
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Penerapan Strategi Pembelajaran, Sejarah |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 00:39 |
Last Modified: | 03 Sep 2012 00:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14811 |
Actions (login required)
View Item |