Analisis Soal Ulangan Akhir Semester pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Demak


Melati Putri Purnomo, 7101407206 (2012) Analisis Soal Ulangan Akhir Semester pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Soal Ulangan Akhir Semester pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Demak] Microsoft Word (Analisis Soal Ulangan Akhir Semester pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Demak) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Tujuan tes antara lain adalah untuk mengukur seberapa besar kemampuan siswa dalam menerima pelajaran selama proses belajar mengajar (KBM). Kucera dkk (2009:49) dalam jurnalnya mengatakan bahwa: Analisis item sangat membantu untuk menganalisa tes, dan berdasarkan analisis tersebut akan meningkatkan hasil tes di tahun berikutnya. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa sebaran soal UAS SMK N 1 Demak Tahun 2010/2011 pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran berdasarkan tingkat kognitif tidak sesuai dengan komposisi aspek kognitif dalam penyusunann tes bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial yang seharusnya. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian mengenai analsis soal yang meliputi validitas soal, reliabilitas soal, tingkat kesukaran soal, daya pembeda soal, dan pola jawaban soal dengan tujuan untuk mengetahui kualitas soal Ulangan Akhir Semester Gasal kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Mata Pelajaran Produktif soal pilihan ganda di SMK N 1 Demak tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Metode analisis soal yang digunakan adalah validitas soal, reliabilitas soal, taraf kesukaran soal, daya pembeda soal, dan pola jawaban soal. Hasil penelitian soal UAS Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Semester Gasal Mata Pelajaran Produktif soal pilihan ganda Kelas XI SMK N 1 Demak termasuk kategori valid, tergolong soal yang reliabel, taraf kesukaran mudah, daya pembeda jelek, dan termasuk kategori soal dengan pola jawaban jelek. Kesimpulan dari hasil analisis kualitas soal secara keseluruhan, diketahui bahwa soal UAS Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran semester gasal Mata Pelajaran Produktif AP Kelas XI di SMK N 1 Demak Tahun Pelajaran 2011/2012 yang meliputi validitas soal, reliabilitas soal, taraf kesukaran soal, daya pembeda soal, dan pola jawaban soal sebagian besar termasuk ke dalam soal yang jelek, yaitu sebanyak 38 soal (76%), sedangkan soal yang baik sebanyak 1 soal (2%), dan soal yang kurang baik sebanyak 11 soal (22%). Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu dalam pembuatan soal perlu diperhatikan validitas soal, reliabilitas soal, taraf kesukaran soal, daya pembeda soal, dan pola jawaban soal, serta perlu dilakukannya penelitian lanjutan mengenai analisis kualitas soal mengingat belum tentu semua masalah dapat dipecahkan secara tuntas atas dasar penelitian yang telah dilakukan atau timbulnya masalah lain yang terkait setelah selesainya penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis soal, kualitas soal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 00:30
Last Modified: 03 Sep 2012 00:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14808

Actions (login required)

View Item View Item