Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang


Romeo Rizal Artadinata, 7351308020 (2012) Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Kedisiplinan pada Dinas BAPERMADES Kabupaten Semarang sudah baik, tapi belum sepenuhnya optimal. Hal ini dilihat dari masih adanya kekurangan dalam disiplin kerja seperti tidak tepatnya waktu dalam penyelesaian pekerjaan sehingga diperlukan upaya- upaya dalam meningkatkan pelayanan publik sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “Pelaksanaan Disiplin Kerja Pegawai dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik pada Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang”. Permasalahan yang diusulkan adalah bagaimana penerapan kedisiplinan, bagaimana upaya peningkatan disiplin kerja pegawai dan kendala- kendala apa yang dialami Dinas BAPERMADES Kabupaten Semarang mengenai kedisiplinan. Berkaitan dengan judul Pelaksanaan Disiplin Kerja Pegawai dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik pada Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan disiplin kerja pegawai, untuk mengetahui faktor-faktor pendukung kedisiplinan kerja pegawai dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat kedisiplinan kerja pegawai pada Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang. Data yang digunakan berupa data primer dan data skunder yang berupa hasil penelitian tentang Pelaksanaan Disiplin Kerja Pegawai dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik pada Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah menggunakan analisis secara deskripsif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa Pelaksanaan Disiplin Kerja Pegawai dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik pada Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang cukup baik, namun masih ada beberapa kekurangan dalam mengoptimalkan pelayanan kepada publik. Hal itu dikarenakan masih adanya ketidaktepatan waktu penyelesaian pekerjaan. Upaya meningkatan pelayanan publik dengan memperhatikan beberapa aspek penting yakni aspek sumber daya manusia, aspek tata laksana, dukungan teknologi informasi dan penegakan disiplin kerja. Hal ini dapat meminimalisir kendala-kendala yang ada dan dapat mempengaruhi tingkat pelayanan yang lebih prima. Disimpulkan bahwa Pelaksanaan Disiplin Kerja Pegawai dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik pada Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang berdasarkan prinsip-prinsip dan teknis operasional penyelesaian pekerjaan dalam upaya meningkatkan kinerja. Saran yang dapat peneliti sampaikan Dinas BAPERMASDES Kabupaten Semarang perlu diadakan koordinasi dengan para pegawai yang terkait serta pengawasan pelaksanaan disiplin terhadap pegawai lebih ditingkatkan agar pelaksanaan kedisiplinan kerja pegawai dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur yang ada dan pelayanan publik dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Disiplin Kerja, Pelayanan Publik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 00:24
Last Modified: 03 Sep 2012 00:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14804

Actions (login required)

View Item View Item