Sistem Pengelolaan Arsip Pada Bagian Umum Dinas Kelautan dan Perianan Provinsi Jawa Tengah


Taufik, 7351307055 (2012) Sistem Pengelolaan Arsip Pada Bagian Umum Dinas Kelautan dan Perianan Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Sistem Pengelolaan Arsip Pada Bagian Umum Dinas Kelautan dan Perianan Provinsi Jawa Tengah] Microsoft Word (Sistem Pengelolaan Arsip Pada Bagian Umum Dinas Kelautan dan Perianan Provinsi Jawa Tengah) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Perkembangan ilmu dan teknologi modern sekarang ini mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama informasi. Informasi menjadi bagian yang sangat penting dalam fungsi manajemen di kehidupan organisasi. Di dalam fungsi manajemen, informasi menjadi bahan pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan. Dengan informasi yang benar dan teliti maka pengambilan keputusan dapat dihasilkan secara efisien dan efektif, karena dalam kegiatan berorganisasi kebutuhan akan informasi merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Arsip merupakan catatan atau rekaman dari hal penting perkantoran, yaitu rekaman kegiatan kantor dan rekaman mengenai sumber daya kantor. Adapun tujuan dari penelitian ini : (1) untuk mengetahui sistem pengelolaan arsip pada bagian umum Dinas kelautan dan Perikanan Profinsi Jawa Tengah (2) untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam sistem pengelolaan arsip bagian umum dinas Kelautan dan Perikanan Profinsi Jawa Tengah. Jenis data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan sistem pengelolaan arsip pada Bagian Umum Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah meliputi : penataan, penyimpanan, peminjaman, pemeliharaan, penyusutan, pemindahan, pemusnahan dan kendala-kendala dalam penanganan arsip. Peralatan dan perlengkapan yang digunakan yaitu filing kabinet dan map. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan : (1) sistem penyimpanan arsip menggunakan sistem wilayah dan kombinasi, sistem yang dikombinasikan yaitu: sistem penyimpanan menurut tanggal yang dikombinasikan dengan sistem penomoran buku agenda, sistem abjad yang dikombinasikan dengan sistem wilayah. (2) peminjaman arsip tidak menggunakan prosedur yang resmi. (3) peralatan yang digunakan adalah filing kabinet yang terdiri dari empat laci. Penulis memberikan saran : (1) perlu penambahan pegawai arsip (2) penambahan fasilitas ruangan arsip untuk menunjang pengelolaan arsip agar lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Arsip
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2012 00:18
Last Modified: 03 Sep 2012 00:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14802

Actions (login required)

View Item View Item