Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar dan Suku Bunga Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Di Bursa Efek Indonesia


Nur Faizah, 7350408018 (2012) Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar dan Suku Bunga Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Di Bursa Efek Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar dan Suku Bunga Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Di Bursa Efek Indonesia] Microsoft Word (Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar dan Suku Bunga Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan Di Bursa Efek Indonesia) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Krisis ekonomi yang dimulai tahun 1998 merupakan awal runtuhnya pilar-pilar perekonomian nasional Indonesia.Tingkat suku bunga yang mencapai 70%, depresiasi nilai tukar rupiah (kurs) terhadap dollar AS sebesar 500% dan inflasi cenderung meningkat pesat mencapai 75% mengakibatkan hampir semua kegiatan ekonomi terganggu.Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat kesenjangan teori dengan fenomena yang ada antara inflasi dan IHSG, nilai tukar dan IHSG, serta suku bunga dan IHSG pada tahun 2004 dan 2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh inflasi, nilai tukar dan suku bunga terhadap IHSG di BEI. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh data Indeks Harga Saham Gabungan, inflasi, nilai tukar dan suku bunga dari Januari 2006-2011 yang berjumlah 72 bulan. Teknik pengambilan sampel yang dipilih adalah teknik sensus. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas inflasi, nilai tukar, suku bunga dan variabel terikat IHSG. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari: analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis melalui uji-t dan uji-F yang sebelumnya diuji dengan uji normalitas dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian diperoleh: (1) Inflasi sebesar -0.940 dengan nilai signifikan sebesar 0.350. (2) Nilai Tukar sebesar -9.017dengan nilai signifikan sebesar 0,000. (3) Suku Bunga sebesar -0.110 dengan nilai signifikan sebesar 0.913. (4) Inflasi, Nilai Tukar dan Suku Bunga secara simultan diperoleh nilai sebesar 32.476 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil simpulan bahwa: (1) Inflasi tidak signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan. (2) Nilai Tukar berpengaruh signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan. (3) Suku Bunga tidak signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan. (4) Inflasi, Nilai Tukar dan Suku Bunga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Nilai Tukar, Suku Bunga dan Indeks Harga Saham Gabungan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 22:07
Last Modified: 02 Sep 2012 22:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14798

Actions (login required)

View Item View Item