Pengelolaan Surat Masuk Pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang


Shintanityas Marahesha, 7312309003 (2012) Pengelolaan Surat Masuk Pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengelolaan Surat Masuk Pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang] Microsoft Word (Pengelolaan Surat Masuk Pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Di era globalisasi seperti saat ini, perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi yang sangat pesat membawa pengaruh terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi. Pengolahan surat masuk perlu diterapkan untuk masing-masing unit organisasi. Permasalahan yang diambil dalam penelitian adalah : (1) Bagaimana pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang? (2) Sarana apa saja yang digunakan untuk pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang? (3) Kendala-kendala apa saja yang dialami dalam pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang?. Tujuan dari penelitian adalah : (1) Untuk mengetahui pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang. (2) Untuk mengetahui sarana yang digunakan untuk pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang. (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami dalam pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini yang dilakukan adalah analisis deskritif, yaitu menganalisis data yang berkaitan dengan pengelolaan surat masuk yang penulis peroleh pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah merupakan unsur pendukung tugas Bupati dibidang perpustakaan dan kearsipan. Pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang sudah menggunakan kartu kendali surat masuk. Penyimpanan surat sistem klasifikasi desimal dan menggunakan asas sentralisasi. Pemusnahan surat mempunyai jangka pemusnahan berbeda-beda. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang di Sub Bagian Tata Usaha sudah berjalan cukup baik, tetapi belum maksimal karena masih ada kendala yaitu sarana penyimpanan pengelolaan surat masuk masih kurang dan pegawai yang menangani surat masuk harus merangkap pekerjaan. Saran yang dapat penulis berikan adalah hendaknya mengoptimalkan pemberdayaan SDM yang ada dengan cara diberikan diklat arsiparis yang sesuai dalam pengelolaan surat masuk pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Semarang sehingga meningkatkan prestasi kerja pegawai dan hendaknya ditambahkan tempat filling cabinet sehingga pengelolaan surat masuk dapat tertata rapi dan mudahnya mencari surat masuk yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Surat Masuk
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perkantoran, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 21:58
Last Modified: 02 Sep 2012 21:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14796

Actions (login required)

View Item View Item