Efektifitas Media Iklan Cetak Berbahasa Arab Dalam Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2011/2012


Chomsa Rozida, 2303408035 (2012) Efektifitas Media Iklan Cetak Berbahasa Arab Dalam Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of  Efektifitas Media Iklan Cetak Berbahasa Arab Dalam Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word ( Efektifitas Media Iklan Cetak Berbahasa Arab Dalam Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu kemampuan keterampilan berbahasa yang ingin dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Kota Magelang terutama di kelas X masih rendah khususnya dalam keterampilan menulis bahasa Arab, karena dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas X belum menggunakan strategi-strategi dan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif teknik maupun media pembelajaran pada keterampilan menulis bahasa Arab agar tidak monoton dan membosankan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media iklan cetak berbahasa Arab untuk mendukung siswa dalam proses pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakeefektifan media iklan cetak berbahasa Arab dalam keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas X MAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2011/2012?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan media iklan cetak berbahasa Arab dalam keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas X MAN 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data yang disajikan berhubungan dengan angka-angka. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pre-test ke post-test. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa setiap kelasnya. Pada pre-test kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 64.17 sedangkan post-test mendapat nilai rata-rata 72.34. Pada pre-test kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 66.67 sedangkan post-test mendapat nilai rata-rata 82.67. Berdasarkan penelitian yang dilakukan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa media iklan cetak berbahasa Arab efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab pada kelas X di MAN 1 Kota Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Iklan Cetak, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 11:33
Last Modified: 02 Sep 2012 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

View Item View Item