Analisis Fi’il Tsulatsi Mazid pada Naskah Qiro'ah Buku Silsilatu Ta’lim Al Lughah Al ‘Arabiyyah ‘Al Qiro'ah’ Jilid 3


Qoni’atun Nihlah, 2303408033 (2012) Analisis Fi’il Tsulatsi Mazid pada Naskah Qiro'ah Buku Silsilatu Ta’lim Al Lughah Al ‘Arabiyyah ‘Al Qiro'ah’ Jilid 3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Fi’il Tsulatsi Mazid pada Naskah Qiro'ah Buku Silsilatu Ta’lim Al Lughah Al ‘Arabiyyah ‘Al Qiro'ah’ Jilid 3] Microsoft Word (Analisis Fi’il Tsulatsi Mazid pada Naskah Qiro'ah Buku Silsilatu Ta’lim Al Lughah Al ‘Arabiyyah ‘Al Qiro'ah’ Jilid 3) - Published Version
Download (37kB)

Abstract

Morfologi (ilmu Sharaf) merupakan salah satu cabang linguistik yang membahas aturan perubahan kata dalam bahasa Arab. Fi’il tsulatsi mazid adalah salah satu kajian dari ilmu sharaf. Pembelajar bahasa Arab non Arab sering mengalami kesulitan dalam memahami makna fi’il tsulatsi mazid, karena fi’il tsulatsi mazid mempunyai beragam makna. Oleh karena itu, diperlukan adanya analisis dan pemaparan tentang keragaman wazan dan makna fi’il tsulatsi mazid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi wazan dan makna fi’il tsulatsi mazid yang terdapat dalam naskah qiro'ah buku Silsilatu Ta’lim al Lughah al ‘Arabiyyah ‘al Qiro'ah’ Jilid 3, sehingga para pembelajar bahasa Arab dapat mengetahui macam-macam wazan tersebut yang menyebabkan perubahan makna. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain penelitian library research. Data berupa fi’il tsulatsi mazid yang diambil dari naskah qiro'ah buku Silsilatu Ta’lim al Lughah al ‘Arabiyyah ‘al Qiro'ah’ Jilid 3. Peneliti menggunakan metode simak dan teknik catat dalam proses pengumpulan data. Selanjutnya analisis dikerjakan dengan teknik pilah unsur penentu yang alat penentunya adalah fi'il tsulatsi mazid. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 367 fi’il tsulatsi mazid dengan shighat yang berbeda yaitu madhi, mudhari’ dan amr. Wazan tersebut adalah أفعل berjumlah 138 kata yang bermakna للتعدية, لمعنى صار ’الأفعال الناقصة’, لمعنى فَعَلَ المجرد, للدخول في الشيئ, dan للصيرورة. Wazan فعّل berjumlah 68 kata bermakna للتعدية, للدلالة على التكثير, لمعنى فَعَلَ المجرد, لاتخاذ الفعل من الاسم, dan لسلب أصل الفعل من المفعول. Wazan فاعل berjumlah 37 kata bermakna لمعنى فَعَلَ المجرد, للمشاركة بين اثنين, للتعدية, dan لمعنى أفْعَلَ التى للتعدية. Wazan انفعل berjumlah 8 kata bermakna لمطاوعة أفْعَلَ, لمعنى فَعَلَ المجرد, dan لمطاوعة فَعَلَ. Wazan تفاعل berjumlah 3 kata bermakna للمشاركة بين اثنين فأكثر dan لتأدية فَعَلَ المجرد. Wazan افتعل berjumlah 62 kata bermakna لمعنى فَعَلَ المجرد, لمطاوعة فَعَلَ, لمعنى تَفَاعَلَ, لمطاوعة أفعل, لمطاوعة فَعَّلَ, للطلب, dan للاتخاذ. Wazan تفعّل berjumlah 31 kata bermakna لمعنى فَعَّلَ, لمطاوعة فَعَّلَ,للدلالة على حصول أصل الفعل مرّة بعد أخرى, للتكلف, dan لمعنى فَعَلَ المجرد. Dan wazan استفعل berjumlah 20 kata yang bermakna لطلب الفعل, لمطاوعة أفْعَلَ, dan لمعنى فَعَلَ المجرد.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: morfologi, fi’il tsulatsi mazid, silsilatu ta’lim al lughah al ‘arabiyyah ‘al qiro'ah’ jilid 3.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 11:29
Last Modified: 02 Sep 2012 11:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14789

Actions (login required)

View Item View Item