Persepsi Anggota Komunitas Jazz Ngisoringin Semarang Terhadap Penyajian Musik Band Rencang


Herawan Widhi Wiguna, 2503405054 (2012) Persepsi Anggota Komunitas Jazz Ngisoringin Semarang Terhadap Penyajian Musik Band Rencang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Persepsi Anggota Komunitas Jazz Ngisoringin Semarang Terhadap Penyajian Musik Band Rencang] Microsoft Word (Persepsi Anggota Komunitas Jazz Ngisoringin Semarang Terhadap Penyajian Musik Band Rencang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Komunitas Jazz Ngisoringin merupakan salah satu komunitas musik jazz di Semarang. Dalam komunitas tersebut anggota-anggota komunitas diberikan kebebasan mempersepsi dan berapresiasi terhadap band-band yang tampil dalam komunitas jazz Ngisoringin, salah satunya band Rencang yang mempunyai karakteristik memainkan lagu-lagu jazz standart dalam setiap penampilannya yang jarang dimainkan oleh grup band di komunitas jazz Ngisoringin. Berdasarkan hal tersebut peneliti menentukan permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah persepsi anggota komunitas jazz Ngisoringin Semarang terhadap penyajian musik band Rencang? 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi anggota komunitas jazz Ngisoringin Semarang terhadap penyajian musik band Rencang. Pembuatan skripsi ini diharapkan bermanfaat secara teoritis untuk digunakan sebagai referensi penelitian berikutnya dan menambah ilmu pengetahuan tentang penyajian musik jazz serta bermanfaat praktis sebagai bahan informasi tentang persepsi musik jazz dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif tentang persepsi anggota komunitas jazz Ngisoringin terhadap penyajian musik band Rencang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan simpulan/ verifikasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Persepsi anggota-anggota komunitas Jazz Ngisoringin Semarang terhadap penyajian musik dari band Rencang tidak sama dan perbedaan persepsi anggota komunitas Jazz Ngisoringin dipengaruhi oleh faktor dari dalam dan faktor dari luar. Faktor dari dalam yang mempengaruhi yaitu pengetahuan dan pengalaman anggota-anggota komunitas terhadap musik Jazz. Sedangkan faktor dari luar adalah penyajian musik band Rencang sendiri yang mempunyai karakter membawakan lagu-lagu Jazz standar dalam setiap penampilannya. Saran yang dikemukakan dalam penelitian ini agar komunitas Jazz Ngisoringin tetap mempertahankan keeksisan bahkan mengembangkan kegiatan komunitas agar dapat menjadi tempat bagi musisi-musisi Semarang untuk mengembangkan skill, teknik permainan dan bahkan pemahaman tentang musik Jazz. Untuk band Rencang agar tetap mengembangkan permainan musik Jazznya dalam berbagai aspek seperti skill, teknik, penampilan, dan melakukan inovasi-inovasi musik yang baru agar tidak membosankan dan dapat diterima semua kalangan. Untuk anggota komunitas Jazz Ngisoringin agar belajar untuk lebih mendalami pengetahuan tentang musik Jazz sehingga dapat mempersepsi dan mengapresiasi musik Jazz secara baik dan benar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 10:04
Last Modified: 02 Sep 2012 10:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item