Proses Produksi Gendang Dangdut di Alda Musik Bumiayu (AMB) Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes


M. Arif Romadhon, 2503405020 (2012) Proses Produksi Gendang Dangdut di Alda Musik Bumiayu (AMB) Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Proses Produksi Gendang Dangdut di Alda Musik Bumiayu (AMB) Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes] Microsoft Word (Proses Produksi Gendang Dangdut di Alda Musik Bumiayu (AMB) Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Produksi alat musik gendang dangdut di Alda Musik Bumiayu (AMB) mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal tersebut sangat menarik untuk diteliti khususnya bagi musisi di indonesia dan mayarakat pada umumnya. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian yang mendalam mengenai proses pembuatan alat musik gendang dangdut di Alda Musik Bumiayu (AMB) Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.Masalah penelitian ini, yaitu bagaimanakah proses produksi gendang dangdut pada Alda Musik Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.Tujuan penelitian ini, yaitu mendiskripsikan sejarah dan proses produksi gendang dangdut pada Alda Musik Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskripsi kualitatif. Peneliti mengamati langsung di Alda Musik Bumiayu (AMB) di Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Pengambilan data tersebut dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi foto. Proses analisis data dilakukan secara sistematis mulai dari proses pengumpulan data, mereduksi, membuat klasifikasi, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan interpretasi atas semua informasi secara selektif. Dalam penelitian kualitatif, ada empat teknik mencapai keabsahan data yaitu: kredibilitas, transferbilitas, audibilitas (dipendibilitas), konfirmabilitas, triangulasi. Berdasarkan hasil pengamatan proses produksi di Alda Musik Bumiayu (AMB) di Desa Penggarutan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Alda Musik Bumiayu (AMB) adalah salah satu usaha produksi gendang dangdut di kabupaten Brebes. Proses pembuatan gendang dangdut di Alda Musik Bumiayu (AMB) meliputi: pemilihan kayu, pemotongan kayu, pemasangan kayu pada mesin bubut, pembentukan kluwung, pemberian motif gendang, pembentukan rongga kluwung, pembuatan kluwung kecil,pengomporan kluwung, pengamplasan kluwung, pendempulan kluwung, pengecatan kluwung, pemberian corak pada kluwung, pembuatan membran, pengapuran kulit, pengelupasan bulu kulit penjemuran kulit, pembentukan frame, perakitan gendang dangdut, penyetelan gendang dan pengemasan gendang dangdut. Gendang dangdut produksi Alda musik dipasarkan ke kota-kota besar seperti Jogakarta, Solo, hingga keluar pulau Jawa. Saran penelitian ini yaitu pembuatan gendang dangdut di Alda Musik Bumiayu (AMB) hendaknya menggunakan alat pengukur suara atau penala gendang yang standar sehingga kulaitas tetap terjaga serta menggunakan bahan daur ulang, misalnya menggunakan bahan dari pipa saluran air atau dengan menggunakan bahan kayu yang lebih baik kualitasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: proses, produksi, gendang, dangdut, dan musik
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2012 10:01
Last Modified: 02 Sep 2012 10:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14781

Actions (login required)

View Item View Item