Analisis Kesalahan Membaca dan Menulis Kanji Jukugo pada Mahasiswa Bahasa Jepang Unnes


Widya Rakhma Nurlita, 2302909029 (2012) Analisis Kesalahan Membaca dan Menulis Kanji Jukugo pada Mahasiswa Bahasa Jepang Unnes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Membaca dan Menulis Kanji Jukugo pada Mahasiswa Bahasa Jepang Unnes] Microsoft Word (Analisis Kesalahan Membaca dan Menulis Kanji Jukugo pada Mahasiswa Bahasa Jepang Unnes) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Bahasa dapat disampaikan secara lisan dan tulis. Kelemahan bahasa yang disampaikan secara lisan, yaitu informasi yang didapat belum tentu dapat diingat dengan baik dalam waktu yang lama, maka diperlukan huruf yang dapat merekam bahasa secara tertulis. Macam-macam huruf dalam bahasa Jepang (moji) adalah hiragana, katakana, roomaji dan kanji. Kanji dalam bahasa Jepang merupakan huruf karakter/ simbol yang menunjukkan isi atau arti suatu hal atau perkara. Menurut Adimihardja (2003 : vii) Kanji selalu dianggap sebagai penghambat keberhasilan proses pembelajaran bahasa Jepang karena (1) jumlahnya terlalu banyak, (2) bentuk tulisannya rumit berbelit, (3) memiliki berbagai macam cara baca. Selain itu, kanji jukugo (kanji yang digabungkan) sendiri memiliki 5 cara baca yang berbeda, yaitu jukugo jigo, jukugo wago, juubako youmi, yutou youmi, serta jukujikun. Berdasarkan alasan tersebut, penulis ingin mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan mahasiswa dalam membaca dan menulis kanji jukugo dan mengapa mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UNNES Fakultas Bahasa dan Seni Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, dan mengambil sampel mahasiswa semester 6 angkatan 2009 yang mengambil mata kuliah kanji enshu. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas tes digunakan teknik belah dua dan rumus Alpha Cronbach. Berdasarkan analisis hasil tes membaca kanji jukugo menunjukkan rata-rata 71,8 dan tes menulis kanji jukugo rata-rata 60,1. Selain itu, berdasarkan analisis secara kualitatif, kesalahan dan penyebab kesalahan dalam membaca dan menulis kanji jukugo yang ditemukan oleh penulis adalah kesalahan yang berkisar tentang penggunaan cara baca kanji, bentuk bushu/ bagian yang membentuk kanji, dan penggunaan okurigana, cara dan urutan penulisan, makna dan pemahaman materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Membaca, Menulis, Kanji Jukugo
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2012 11:30
Last Modified: 01 Sep 2012 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14757

Actions (login required)

View Item View Item