Analisis Kesalahan Pembuatan Kalimat Majemuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang


Chusnur Robitoh, 2302408058 (2012) Analisis Kesalahan Pembuatan Kalimat Majemuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Pembuatan Kalimat Majemuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Analisis Kesalahan Pembuatan Kalimat Majemuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Kalimat majemuk dalam bahasa Jepang disebut dengan fukubun. Setelah melakukan studi pendahuluan pada mahasiswa semester IV di salah satu kelas mata kuliah bunpoo, hasilnya menunjukkan bahwa hampir seluruh mahasiswa merasa kesulitan dan melakukan kesalahan dalam membuat fukubun. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kesalahan dan penyebab dari kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang dalam membuat fukubun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang sering dilakukan dan untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang dalam membuat fukubun. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang, yang berjumlah 62 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan mahasiswa semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES tahun ajaran 2011 dalam membuat fukubun yaitu antara lain; kesalahan dalam memilih kata sambung sesuai dengan hubungan antar klausa sebesar 26,12%, kesalahan dalam melengkapi kalimat dengan klausa yang sesuai sebesar 24,86%, kesalahan dalam memilih partikel yang benar sebesar 28,91%, kesalahan dalam mengubah kata kerja/kata sifat dengan benar sebesar 9,45%, dan kesalahan dalam merangkai kalimat yang menggunakan partikel no (の) sebagai pembentuk kata kerja menjadi kata benda dengan struktur yang tepat sebesar 50,14%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tidak sering memakai atau membuat fukubun. Dalam membuat fukubun atau mengartikan fukubun, mahasiswa masih terpengaruh bahasa Indonesia. Secara umum, mahasiswa kurang menguasai bunpoo, dalam fukubun meliputi penguasaan partikel, penguasaan kata sambung, penguasaan klausa/kalimat, penguasaan perubahan kata kerja/kata sifat, dan penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Kalimat Majemuk Bahasa Jepang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2012 11:26
Last Modified: 01 Sep 2012 11:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item View Item