Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Teknik Meneruskan Cerita Melalui Metode Integratif Pada Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan


M. Nur Andriatna, 2101408090 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Teknik Meneruskan Cerita Melalui Metode Integratif Pada Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Teknik Meneruskan Cerita Melalui Metode Integratif Pada Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Teknik Meneruskan Cerita Melalui Metode Integratif Pada Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan) - Published Version
Download (41kB)

Abstract

Menulis cerpen merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa seperti yang tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia aspek bersastra SMA kelas X subaspek menulis, menyebutkan bahwa siswa mampu mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen. Kompetensi dasar, menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar). Berdasarkan hasil observasi kemampuan menulis cerpen pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan masih perlu ditingkatkan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah peningkatan kualitas proses keterampilan menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan? 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif? 3) bagimanakah perubahan perilaku siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan peningkatan kualitas proses keterampilan menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan; 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif; 3) Mengetahui perubahan perilaku siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan. Variabel dalam penelitian ini yaitu, 1) variabel keterampilan menulis cerpen, 2) variabel penggunaan teknik meneruskan cerita, 3) variabel penggunaan metode integratif. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik pengambilan data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran yang berlangsung meliputi: 1) kegiatan apersepsi melalui berbagai cara, misalnya bernyanyi, permaina, dll. Dalam pelaksanaan tenik ini, 2) guru menjelaskan hakikat cerpen dan langkah-langkah menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif, 3) guru memberikan penggalan cerpen kepada siswa, 4) siswa membaca cerpen yang telah dibagi, 5) siswa menganalisis unsur-unsur pembangun cerpen yang telah mereka baca, 6) siswa membuat kerangka cerpen berdasarkan unsur-unsur pembangun yang telah mereka temukan, 7) siswa mengembangkan kerangka cerpen yang telah mereka buat berdasarkan ide dan imajinasi masing-masing serta memberikan ilustrasi gambar yang sesuai dengan cerpen yang telah mereka buat, 8) siswa berkelompok untuk menentukan cerpen terbaik, 9) siswa membacakan cerpen terbaik di depan kelas. Kualitas pembelajaran menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif pada siklus I sudah cukup baik dan pada siklus II mengalami peningkatan ke dalam kategori baik. Hasil analisis nilai tes menulis cerpen siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan pada siklus I dan siklus II mencapai hasil yang memuaskan. Pada siklus I nilai rata-rata klasikal mencapai nilai 68,24. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 16,59% dengan nilai rata-rata klasikal mencapai 79,56. Peningkatan keterampilan menulis cerpen ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif keperilaku positif. Berdasarkan analisis data nontes, dapat disimpulkan bahwa perilaku siswa dalam mengikuti pembelajran menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif mengalami peningkatan pada siklus II. Perubahan perilaku ini mengarah pada perubahan perilaku yang baik. Siswa lebih siap dan semakin antusias dalam pembelajaran, terbukti dari keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah 1) terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif, 2) terjadi peningkatan hasil keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan tahun setelah mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan teknik meneruskan cerita melalui metode integratif, 3) terjadi perubahan sikap atau perilaku siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Limbangan ke arah positif. Saran yang disampaikan adalah, 1) bagi guru mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia kiranya dapat memanfaatkan teknik meneruskan cerita dengan metode integratif sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran menulis cerpen. 2) bagi peneliti yang lain kiranya dapat melakukan pengembangan lebih lanjut mengenai keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan teknik atau metode pembelajaran yang lain untuk melengkapi penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, teknik meneruskan cerita, metode integratif
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 12:52
Last Modified: 31 Aug 2012 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item View Item