Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Perjalanan Kata dan Media Permainan Ular Tangga untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bantarwaru Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012


Titi Wuryani, 2101408033 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Perjalanan Kata dan Media Permainan Ular Tangga untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bantarwaru Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Perjalanan Kata dan Media Permainan Ular Tangga untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bantarwaru Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Perjalanan Kata dan Media Permainan Ular Tangga untuk Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bantarwaru Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi sementara di kelas V-A SD Negeri 1 Bantarwaru, pembelajaran bahasa Indonesia (bahasan Sastra) dalam hal ini pembelajaran menulis puisi kurang mencapai hasil yang maksimal, baik dari segi minat maupun dari segi hasil proses pembelajaran yang diterapkan. Salah satu faktor utama rendahnya kemampuan menulis puisi ini adalah teknik yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi ini menggunakan teknik ceramah. Padahal metode ceramah menuntut konsentrasi yang terus menerus, membatasi partisipasi siswa, sehingga siswa akan merasa jenuh dan bosan. Setelah itu siswa diberi tugas untuk membuat puisi, minggu berikutnya tugas itu dikumpulkan. Pembelajaran menulis puisi yang seperti itu siswa masih mengalami kesulitan dalam menulsi puisi, tidak ada ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dan kesulitan untuk menetukam kata-kata dalam menulis puisi. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi dan perubahan perilaku pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik perjalanan kata dan media permaianan ular tangga?, sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi dan mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas V-A SD Negeri 1 Bantarwaru Kabupaten Banjarnegara setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik perjalanan kata dan media permainan ular tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi menggunakan teknik perjalanan kata dan media permaianan ular tangga siswa kelas V-A SD Negeri 1 Bantarwaru yang berjumlah 17 siswa. Variabel pertama penelitian ini yaitu keterampilan menulis puisi dan variabel kedua yaitu penggunaan teknik perjalanan dan media permainan ular tangga. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa hasil tes siswa dalam menulis puisi, sedangkan instrumen nontes dalam bentuk pedoman observasi, pedoman wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes menulis puisi. Pada prasiklus rerata kelas kemampuan siswa dalam menulis puisi mencapai 69.94 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 76,53, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis puisi meningkat menjadi 80,9. Berdasarkan hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Siswa menjadi lebih semangat, antusias, senang, aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan teknik perjalanan kata dan media permainan ular tangga. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar para guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya berperan aktif sebagai inovator dan fasilitator dalam memilih teknik dan media yang paling tepat sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat menjadi pengalaman belajar yang positif bagi siswa. Selain itu, pembelajaran dengan teknik perjalanan kata hendaknya dapat dijadikan alternatif bagi guru bidang studi lain dalam mengajar. Bagi peneliti disarankan agar melakukan penelitian serupa tetapi dengan teknik pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, teknik perjalanan kata, media ular tangga
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 12:44
Last Modified: 31 Aug 2012 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14740

Actions (login required)

View Item View Item