Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Sebagai Calon Tenaga Pendidik


Ratri Endaryani, , 3101408068 (2012) Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Sebagai Calon Tenaga Pendidik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Sebagai Calon Tenaga Pendidik] Microsoft Word (Analisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Angkatan 2008 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Sebagai Calon Tenaga Pendidik) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Calon guru perlu memiliki kesiapan akan segala sesuatu yang diperlukan dalam pelaksaan tugas, baik kesiapan fisik, kesiapan mental maupun kesiapan secara segi kognitif. Hal ini berlaku juga bagi calon seorang guru yang berperan sebagai pemberi pelajaran kepada siswa dalam proses belajar mengajar harus selalu membekali diri dengan persiapan sebelum mengajar. Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNNES, merupakan calon guru. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian tentang kesiapan mahasiswa prodi Pendidikan Sejarah FIS UNNES angkatan 2008 dalam pemahamannya tentang empat kompetensi utama yang harus dikuasai seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman kesiapan mahasiswa prodi Pendidikan Sejarah angkatan 2008 dalam memahami kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan sejarah angkatan 2008. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa secara pedagogis mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2008 lebih memfokuskan pada karakteristik peserta didik, hal tersebut dikarenakan dengan mengenal karakteristik peserta didik maka diharapkan calon guru profesional dapat mengerti juga indikator-indikator kompetensi pedagogik yang lain seperti melakukan pembelajaran atau melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kompetensi kepribadian mahasiswa pendidikan sejarah angkatan 2008 selalu berusaha untuk dapat memberikan contoh dan teladan kepada peserta didik agar peserta didik dapat memiliki kedisiplinan tinggi dan lebih bertanggung jawab. Kompetensi sosial mahasiswa akan menjalin hubungan yang baik dengan semua dan tidak membeda-bedakan dalam bergaul di lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Kompetensi profesional mahasiswa kebanyakan sudah memiliki komitmen atau keinginan untuk menjadi guru profesional, hal ini dilakukan oleh mahasiswa untuk selalu belajar agar menjadi guru yang profesional.. Saran dalam penelitian ini mahasiswa sebagai calon guru diharapkan dapat meningkatkanpengetahuan dalam bidang studi yang mereka tekuni, dapat melatih diri secara terus menerus dengan membaca dari berbagai sumber dan merealisasikannya dalam dunia pengajaran tentang kompetensi guru, sehingga menjadikannya sebagai guru yang bertanggungjawab atas tugasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, Mahasiswa, Tenaga Pendidik Profesional
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2012 07:53
Last Modified: 31 Aug 2012 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14719

Actions (login required)

View Item View Item