Efektivitas Penggunaan Metode Tugas terhadap Prestasi Siswa (Studi Eksperimen Pada Kelas XI IPS SMA 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012)


Riesty Amaylia Safitri, , 3101408048 (2012) Efektivitas Penggunaan Metode Tugas terhadap Prestasi Siswa (Studi Eksperimen Pada Kelas XI IPS SMA 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Metode Tugas terhadap Prestasi Siswa (Studi Eksperimen Pada Kelas XI IPS SMA 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012)] Microsoft Word (Efektivitas Penggunaan Metode Tugas terhadap Prestasi Siswa (Studi Eksperimen Pada Kelas XI IPS SMA 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2011/2012)) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Siswa merupakan komponen pembelajaran yang selalu mengalami perubahan, untuk itu guru dituntut kreatif dalam memilih metode pembelajaran sebab metode tersebut akan berhubungan dengan prestasi siswa. Untuk itu pemilihan metode yang tepat untuk menunjang pengembangan diri siswa serta menuntut peran aktif mereka dalam pembelajaran adalah menggunakan metode tugas. Metode tugas adalah pembelajaran melalui pemberian beban belajar untuk diselesaikan siswa secara berkesinambungan untuk meningkatkan prestasi siswa. Prestasi siswa adalah hasil yang telah dicapai, dengan demikian metode tugas ditempatkan sebagai cara untuk meraih sebuah hasil tertentu. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian yang dilakukan di SMA 1 Bae Kudus ini bertujuan untuk mengetahui (1)Prestasi belajar sejarah siswa yang menggunakan metode tugas, (2) Prestasi belajar sejarah siswa yang menggunakan metode ceramah, (3) Perbedaan prestasi siswa antara yang menggunaan metode Tugas dengan metode ceramah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yang menggunakan soal dan angket sebagai alat pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA 1 Bae Kudus, sementara sampelnya adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 4 Hasilnya, prestasi siswa yang menggunakan metode tugas dalam termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan nilai rata-rata 81,71, sementara prestasi siswa untuk yang menggunakan metode ceramah termasuk dalam kriteria tinggi dengan nilai rata-rata 76,85. Untuk mengetahui perbedaannya digunakan uji beda dengan rumus uji t diperoleh jika ttabel = 2,00 pada α = 5% dan dk=54 serta t_hitung = 2,508m, diketahui bahwa rhitung > rtabel artinya, terdapat pebedaan yang signifikan terhadap prestasi siswa. Simpulan yang didapat adalah (1) Prestasi siswa kelas XI IPS 1 yang menggunakan metode tugas memiliki rata-rata nilai sebesar 81,71 dengan kriteria prestasi siswa sangat tinggi. (2) Prestasi siswa kelas XI IPS 4 yang menggunakan metode ceramah memiliki rata-rata nilai sebesar 76,85 dengan kriteria prestasi siswa tinggi. (3) Ada perbedaan prestasi siswa antara yang menggunakan metode tugas dengan yang menggunakan metode ceramah. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1) Guru harus dapat memilih metode pembelajaran sejarah yang tepat, (2) Guru dapat menggunakan metode tugas sebagai solusi untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman siswa, (3) Siswa harus mampu membagi waktu, (4) Siswa harus berusaha untuk memahami setiap materi secara mendalam, (5) Sekolah harus memperhatikan dampak kebijakan yang dibuat, dan (6) Sekolah harus mengendalikan proses pembelajaran agar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Tugas, Prestasi Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2012 07:44
Last Modified: 31 Aug 2012 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14716

Actions (login required)

View Item View Item