Analisis Kestabilan Model SIR sebagai Model Penyebaran Penyakit Campak


Candra Ari Wibowo, 4150408002 (2012) Analisis Kestabilan Model SIR sebagai Model Penyebaran Penyakit Campak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kestabilan Model SIR sebagai Model Penyebaran Penyakit Campak] Microsoft Word (Analisis Kestabilan Model SIR sebagai Model Penyebaran Penyakit Campak) - Published Version
Download (52kB)

Abstract

Model matematika adalah suatu representasi dari suatu persamaan atau sekumpulan persamaan yang mengungkapkan perilaku suatu sistem. Model matematika merupakan suatu proses yang melalui tiga tahap yaitu perumusan model matematika, penyelesaian dan/atau analisis model matematika serta penginterpretasikan hasil ke situasi nyata. Penyakit campak (measles) merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dapat menyebar melalui kontak langsung dengan penderita dan lewat udara. Penyakit campak (measles) dapat menyebabkan komplikasi, kerusakan otak dan organ tubuh yang lainnya, cacat seumur hidup, kelumpuhan dan bahkan kematian. Dalam penyebaran penyakit campak, dapat dimodelkan dengan menggunakan model matematika. Model yang dimaksud adalah model SIR yang terdiri dari 3 populasi, yaitu Suspectibles, Infectives dan Recovered. Dari model SIR diperoleh sistem persamaan differensial sebagai berikut : Analisis kestabilan sistem dari persamaan differensial di atas, menghasilkan dua titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan bebas penyakit dan titik kesetimbangan endemik. Selanjutnya dengan program Maple 12 dapat diketahui lapangan arah dan bidang solusi dari sistem.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SIR, titik kesetimbangan bebas penyakit, titik kesetimbangan endemik
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 01:28
Last Modified: 31 Aug 2012 01:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item