Implementasi Pendekatan Brain Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Kalibawang Materi Pokok Segiempat


Kurniastuti Puji Lestari, 4101408129 (2012) Implementasi Pendekatan Brain Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Kalibawang Materi Pokok Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Pendekatan Brain Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Kalibawang Materi Pokok Segiempat] Microsoft Word (Implementasi Pendekatan Brain Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Motivasi dan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Ma’arif Kalibawang Materi Pokok Segiempat) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SMP umumnya kurang memfokuskan pada kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa hal ini dikarenakan penggunaan pendekatan pembelajaran yang kurang dapat mengoptimalkan kerja otak. Pendekatan Brain Based Learning dapat membantu meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar dengan cara mengoptimalkan kerja otak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan Brain Based Learning pada pembelajaran matematika, apakah dapat meningkatkan motivasi dan koneksi matematis, serta apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Brain Based Learning mencapai ketuntasan belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ma’arif Kalibawang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan uji proporsi, dan uji t untuk mengetahui peningkatan motivasi dan kemampuan koneksi matematis, serta ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan Brain Based Learning, dan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori. (2) Kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa yang diajar dengan pendekatan Brain Based Learning meningkat. (3) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan Brain Based Learning mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian ini disarankan pendekatan Brain Based Learning dapat disosialisasikan sebagai suatu alternatif untuk dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Selain itu, melalui implementasi pendekatan Brain Based Learning, guru dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika, khususnya pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Brain Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, Segi empat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 01:04
Last Modified: 31 Aug 2012 01:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item View Item