Pengaruh Metode Snowball Throwing dengan peta konsep terhadap hasil belajar kelas VIII SMP N 1 Musuk materi bangun ruang sisi datar


Daning Dwi Febriyanti, 4101408099 (2012) Pengaruh Metode Snowball Throwing dengan peta konsep terhadap hasil belajar kelas VIII SMP N 1 Musuk materi bangun ruang sisi datar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Metode Snowball Throwing dengan peta konsep terhadap hasil belajar kelas VIII SMP N 1 Musuk materi bangun ruang sisi datar] Microsoft Word (Pengaruh Metode Snowball Throwing dengan peta konsep terhadap hasil belajar kelas VIII SMP N 1 Musuk materi bangun ruang sisi datar) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Penggunaan metode dan media pembelajaran yang kurang dapat mengaktifkan suasana belajar mengakibatkan prestasi belajar peserta didik rendah. Metode snowball throwimg berbantuan media peta konsep dicobakan dalam penelitian ini untuk membelajarkan materi bangun ruang sisi datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tersebut terhadap keaktifan dan prestasi belajar peserta didik yang ditandai oleh tuntasnya prestasi belajar, keaktifan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, dan prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Musuk yag terdiri dari enam kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dengan metode observasi dan metode tes, data diolah dengan uji banding t dan uji pengaruh regresi. Rata-rata nilai matematika kelas eksperimen adalah 73,031, sedangkan pada kelas kontrol rata-ratanya 64,219. Dengan uji statistika ketuntasan belajar, diperoleh zhitung=0,3961 dengan ztabel=1,65 sehingga dapat dikatakan kelas eksperimen telah tuntas belajar dengan KKM 67. Hasil dari uji regresi, diperoleh persamaan regresi dengan R2= 70% yang artinya keaktifan belajar peserta didik berpengaruh sebesar 70% terhadap prestasi belajar peserta didik dan 30% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t satu pihak kanan diperoleh thitung= 3,120 dan ttabel= 1,67 yang berarti rata-rata prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada prestasi belajar kelas kontrol. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Snowball throwing dengan peta konsep berpengaruh pada peningkatan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Metode Snowball Throwing; dan Peta Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 00:58
Last Modified: 31 Aug 2012 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

View Item View Item