Pengaruh Pemanfataan Film Dokumenter Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Pokok Bahasan Persiapan Kemerdekaan Indonesia Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP N 1 Muntilan Tahun Ajaran 2011/2012


Nanang Pratmaji, , 3101408039 (2012) Pengaruh Pemanfataan Film Dokumenter Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Pokok Bahasan Persiapan Kemerdekaan Indonesia Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP N 1 Muntilan Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfataan Film Dokumenter Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Pokok Bahasan Persiapan  Kemerdekaan Indonesia Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa  Kelas VIII SMP N 1 Muntilan  Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Pengaruh Pemanfataan Film Dokumenter Dalam Pembelajaran IPS Sejarah Pokok Bahasan Persiapan Kemerdekaan Indonesia Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMP N 1 Muntilan Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti, pembelajaran IPS sejarah di SMP Negeri 1 Muntilan masih kurang dalam pemanfaatan medianya. Untuk itu perlu dilakukan pembelajaran yang lebih variatif dengan menggunakan metode dan media yang baru agar dapat menumbuhkan sikap nasionalisme siswa. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran dengan memanfaatakan film dokumenter yaitu kegiatan pembelajaran dengan memutarkan film dokumenter yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Permasalahan dalam penelitian adalah : adakah pengaruh pemanfataan film dokumenter dalam pembelajaran IPS sejarah pokok bahasan persiapan kemerdekaan Indonesia terhadap sikap nasionalisme siswa kelas VIII SMP N 1 Muntilan Tahun ajaran 2011/2012 ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan Tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 148 siswa. Dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Berdasarkan hasil penelitian ada perbedaan sikap nasionalisme siswa antara kelas yang diberi pembelajaran dengan memanfaatkan film dokumenter dengan kelas yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah ditujukan dari perhitungan uji perbedaan rata-rata hasil angket akhir diperoleh thitung = 2,236. Untuk α = 5 % dan dk = 21+22-2 = 41 , diperoleh t(0.95)(41) = 1,68. Karena thitung t (0,95)(41) maka H0 ditolak yang artinya ada perbedaan sikap nasionalisme siswa antara kelas yang diberi pembelajaran dengan memanfaatkan film dokumenter dengan kelas yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah. Kemudian berdasarkan perhitungan Uji Keberatian dan Koefisien Korelasi diperoleh t = 4,219 pada α = 5 % dan dk = 20 diperoleh t(0.975)(20) = 2,09. Maka karena t berada di daerah penolakan Ho, berarti bahwa koefisien korelasi tersebut signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh pemanfaatan film dokumenter pada pembelajaran IPS Sejarah pokok bahasan persiapan kemerdekaan Indonesia terhadap sikap nasionalisme siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan tahun ajaran 2011/2012. Saran yang dapat peneliti berikan bagi guru IPS Sejarah, hendaknya senantiasa mencari metode dan media pembelajaran yang inovatif yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi untuk menumbuhkan sikap nasionalisme yang terkandung dalam materi IPS Sejarah. Bagi Siswa dapat mempraktekan sikap nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari seperti disiplin dalam memanfaatkan waktu,menghargai jasa para pahlawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Film Dokumenter, Sikap Nasionalisme .
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2012 00:50
Last Modified: 31 Aug 2012 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14701

Actions (login required)

View Item View Item