Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri di Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes


Adi Nur.Heriyanto, , 3101408035 (2012) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri di Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri di Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes] Microsoft Word (Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP Negeri di Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran, namun faktor guru akan dominan ketika mempunyai kompetensi profesional. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga belajar siswa akan lebih optimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kompetensi profesional guru IPS di SMP Negeri Kecamatan Larangan, (2) bagaimana hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri Kecamatan Larangan, dan (3) adakah pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri di Kecamatan Larangan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kompetensi profesional guru IPS di SMP Negeri Kecamatan Larangan, (2) mengetahui hasil belajar IPS siswa di SMP Negeri Kecamatan Larangan, dan (3) mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar IPS siswa SMP Negeri di Kecamatan Larangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan keseluruhan guru yang berjumlah 14 orang sebagai objek penelitiannya. Variabel yang dibahas dalam penelitian ini yaitu kompetensi profesional dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan regresi linier sederhana, serta uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial t dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh persamaan regresi = 57,451 + 0,202 X, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi profesional terhadap hasil belajar sebesar 42,6%. Hasil uji t atau secara parsial diperoleh t hitung sebesar 3,265 dengan probabilitas 0,007 < 0,05, maka dengan demikian Ha diterima yang berarti ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah kompetensi profesional berpengaruh baik secara parsial terhadap hasil belajar dan semakin tinggi kompetensi profesional guru maka hasil belajar pun akan semakin meningkat. Saran yang dapat disampaikan yaitu, guru diharapkan dapat meningkatkan kompetensi profesional terutama dalam meningkatkan pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif agar proses pembelajaran tidak terkesan kaku dan membosankan. Diharapkan bagi siswa yang nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk meningkatkan belajarnya sehingga diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi profesional dan hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2012 00:47
Last Modified: 31 Aug 2012 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14699

Actions (login required)

View Item View Item