Keefektifan Metode Teams Assisted Individualization Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segiempat


Lutviarini Latifah, 4101408036 (2012) Keefektifan Metode Teams Assisted Individualization Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Metode Teams Assisted Individualization Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segiempat] Microsoft Word (Keefektifan Metode Teams Assisted Individualization Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Segiempat) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Pada umumnya pembelajaran matematika di SMP yang monoton membuat aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Pembelajaran dengan metode Teams Assisted Individualization Berbasis Tutor Sebaya merupakan pembelajaran kooperatif yang berpusat pada siswa. Metode ini menonjolkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Teams Assisted Individualization Berbasis Tutor Sebaya terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dengan catatan yang dirandom adalah kelasnya. Terpilih siswa kelas VII H sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol. Pengambilan data diperoleh dengan metode observasi untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan metode tes untuk menentukan hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan uji ketuntasan dan uji perbedaan rata-rata untuk menguji hipotesis penelitiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal belajar yaitu ketuntasan belajar individual siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 68 dan ketuntasan belajar klasikal yaitu banyaknya siswa yang mencapai ketutasan individual lebih dari 75%. Dari pengamatan aktivitas siswa diperoleh rata-rata skor aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 46,5 dan rata-rata skor aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 37. Terlihat bahwa skor rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding skor rata-rata kelas kontrol. Dari perhitungan, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 79,9, dan kelas kontrol adalah 73,4. Artinya rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol pada materi pokok segiempat kelas VII SMP. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah metode Teams Assisted Individualization Berbasis Tutor Sebaya efektif terhadap pencapaian aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dari peneliti adalah guru sebaiknya mencoba untuk menerapkan metode Teams Assisted Individualization Berbasis Tutor Sebaya dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teams assisted individuallization, tutor sebaya, aktivitas belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2012 22:18
Last Modified: 30 Aug 2012 22:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14695

Actions (login required)

View Item View Item