Keefektifan Strategi Pembelajaran Mastery Learming With Quiz Team Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Sambi Boyolali


Devi Restiyanti, 4101408015 (2012) Keefektifan Strategi Pembelajaran Mastery Learming With Quiz Team Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Sambi Boyolali. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Strategi Pembelajaran Mastery Learming With Quiz Team Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Sambi Boyolali] Microsoft Word (Keefektifan Strategi Pembelajaran Mastery Learming With Quiz Team Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Sambi Boyolali) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Untuk keefektifan minat dan hasil belajar siswa, guru perlu memilih strategi pembelajaran yang tepat, alternatif strategi yang dapat digunakan adalah strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team. Dengan strategi ini siswa diharapkan dapat bekerja lebih aktif untuk menyelesaikan masalah dalam kelompok kecil. Pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team ini dapat diterapkan dengan cara memberikan quiz pada sekelompok siswa untuk menguji pemahaman siswa dalam memahami kompetensi dasar pelajaran matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah rata-rata hasil belajar siswa dengan strategi Mastery Learning With Quiz Team dapat mencapai ketuntasan belajar; mengetahui apakah rata-rata hasil belajar dengan strategi Mastery Learning With Quiz Team lebih baik daripada pembelajaran ekspositori; dan untuk mengetahui minat belajar siswa setelah menggunakan strategi Mastery Learning With Quiz Team. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 2 Sambi tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling dan terpilih kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah: (1)Rata-rata hasil belajar pada pembelajaran dengan strategi Mastery Learning With Quiz Team pada pokok bahasan segiempat dapat mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dan individual; (2)Rata-rata hasil belajar pada pembelajaran dengan strategi Mastery Learning With Quiz Team pada materi pada materi pokok segiempat lebih baik dari rata-rata hasil pembelajaran ekspositori, dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 77,85 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 70,25; (3)Minat belajar siswa setelah dikenai strategi Mastery learning With Quiz Team meningkat dibandingkan sebelum dikenai strategi Mastery Learning With Quiz Team, dengan besar minat sebelum dikenai strategi Mastery Learning With Quiz Team presentase minat siswa yang cukup berminat sebanyak 5%, siswa yang berminat 50%, dan yang sangat berminat 45% sedangkan besar minat setelah dikenai Mastery Learning With Quiz Team presentase minat siswa yang sangat berminat menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mastery Learning With Quiz Team, hasil belajar, minat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2012 22:12
Last Modified: 30 Aug 2012 22:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item