Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Margorejo dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bebantuan Hands On Activity terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Lingkaran


Anindya Dian Bestari, 4101408003 (2012) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Margorejo dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bebantuan Hands On Activity terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Lingkaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Margorejo dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bebantuan Hands On Activity terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Lingkaran] Microsoft Word (Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Margorejo dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Bebantuan Hands On Activity terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Lingkaran) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

activity, dan hasil belajar. Proses pembelajaran di SMPN 1 Margorejo kurang mampu meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari guru masih menggunakan model pembelajaran ekspositori secara monoton di kelas, sehingga suasana belajar terkesan kaku dan didominasi oleh guru. Siswa hanya duduk, mencatat, mendengarkan dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Dengan demikian suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif dan siswa pasif. Untuk mengatasi masalah di atas, dicoba menerapkan model pembelajaran NHT bebantuan Hands On Activity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketuntasan hasil belajar siswa di kelas yang diajar dengan model pembelajaran NHT bebantuan Hands On Activity dan kelas yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT bebantuan Hands On Activity dan kelas yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori, dan (3) pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran NHT bebantuan Hands On Activity terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester2 SMPN 1 Margorejo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah enam kelas yaitu kelas VIII A sampai VIII F sebesar 182 siswa. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII C yang besarnya 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D yang besarnya 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen kemampuan berpikir kritis terdiri dari 6 soal uraian yang sudah tervalidasi. Analisis data akhir dengan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dengan uji perbedaan rata-rata, uji-t, uji proporsi, dan analisis regresi. Berdasarkan hasil uji-t dan uji proporsi kelas yang diajar dengan model pembelajaran NHT bebantuan Hands On Activity mencapai ketuntasan, sedangkan kelas yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori belum mencapai ketuntasan, baik ketuntasan individual maupun klasikal. Berdasarkan hasil uji-t dan nilai rerata belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT bebantuan Hands On Activity lebih baik dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil regresi linier sederhana, diketahui terdapat pengaruh positif kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, dengan koefisien determinasi sebesar 0,4793.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran NHT, hands on activity, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2012 22:08
Last Modified: 30 Aug 2012 22:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14692

Actions (login required)

View Item View Item